;

Translate

Monday, August 27, 2012

Cara Memperbanyak Bromelia

Monday, August 27, 2012

Menunggu bromelia beranak secara alami perlu waktu 1-2 tahun. Jumlah anakan yang diperoleh pun hanya 2-3 tanaman. Ada cara cepat untuk memperbanyak anakan. Dalam 9 bulan sudah panen 2-3 anakan dan diulang setiap 2 bulan.

Cara-cara memperbanyak

  •     Ambil sebuah bambu berdiameter 1 cm sepanjang 20-30 cm. Runcingkan ujungnya. Siapkan bromelia remaja berumur 5-7 bulan dan sehat.
  •     Tancapkan bambu di tengah pucuk tanaman. Tusuk hingga sedalam 4-5 cm di titik tumbuh. Bila tidak tepat, pucuk tetap tumbuh tapiu daun rusak karena bolong. Bambu bisa dicabut atau dibiarkan.
  •  Bila penusukan berhasil, warna daun bromelia kian cerah. sebulan kemudian terbentuk 1-2 anakan. Biarkan hingga pucuk daun terbuka penuh. Bibit yang pucuknya belum membuka berdaya tahan rendah sehingga cepat mati.
  •  Ambil pisau yang tajam dan bersih. Iris anakan di pangkal batang
  •   Biarkan bibit itu 1 hari agar pangkal batang mengering. Bila masih basah bibit gampang rusak.
  •  Siapkan pot 5 cm. Isi dengan media campuran sekam dan serutan kayu dengan perbandingan seimbang, atau cincanga batang pakis. Tanam dengan menancapkan di media.
    cara memperbanyak bromelia, tanaman bromelia
  •  Letakkan bibit di bawah naungan jaring plastik 55%. Perawatan cukup dengan menyiram setiap hari.






 Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 7:53 AM