;

Translate

Monday, August 27, 2012

Manfaat Buah Sirsak

Monday, August 27, 2012

Sirsak salah satu jenis buah yang banyak digemari orang, maka tak heran bila buah yang satu ini banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia dengan berbagai olahan minuman atau pun dikonsumsi secara langsung, selain banyak mengandung vitamin A,B, dan C, ada kelebihan  biji sirsak yang dapat dimanfaatkan sebagai penumpas hama Crocidolomia binotalis (ulat perusak daun) pada kubis, sawi, dan petsai.

Beragam serangan hama pada tanaman hortikultura dapat diatasi dengan ramuan insektisida nabati daun sirsak. Selain cara meramunya yang mudah dan biaya murah tetapi hasilnya cukup memuaskan dan telah  teruji di lapangan.
Biji sirsak mengandung senyawa annonain dan 42% minyak. Sebagai pestisida nabati ia bersifat biodegradable, mudah terurai di alam. Lantaran kelebihan itu insektisidda sirsak aman bagi lingkungan.


Bagian lain dari tanaman sirsak (Annona muricata) yang bermanfaat sebagai insektisida nabati adalah daun. Berbagaiserangan hama dapat dikendalikan dengan ramuan daun sirsak ini.

Untuk mengatasi serangan belalang dan ulat membandel misalnya, ramuan berikut dapat anda coba. Tumbuk 50 helai daun sirsak dan segenggam tembakau. Aduk hasil tumbukan dalam 20 liter air dan campuran 20g deterjen. Setelah diendapkan semalam, saring ramuan tersebut dan siap disemprotkan.

Buah, Sirsak, Manfaat, manfaat buah sirsak, buah sirsak, budidayaWereng cokelat (Nilaparvata lugens) yang lazim menyerang padi  juga dapat dikendalikan dengan insektisida daun sirsak. Caranya, tumbuk segenggam daun sirsak, segenggam daun jaringau, dan 20 siung bawang putih. Campurkan 20g detergen dan edapkan 2 malam.

Satu liter hasil saringan dilarutkan dalam 15 liter air bersih. Barulah formula itu dimanfaatkan untuk menyemprot brown planthopper alias wereng cokelat. Trips (Thrips parvispinus) yang suka mengusik anggota keluarga Solanaceae (kentang-kentangan) juga dapat dihilangkan dengan ramuan daun sirsak.

Untuk mengatasi serangan thrips, semprotkan hasil tumbukan 50-100 daun sirsak  yang diencerkan pada pada 5 liter air. Sebelumnya ramuan itu juga diendapkan semalam baru disaring dengan kain halus. Satu liter hasil saringan diencerkan dalam 10 liter air.


Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.




www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 7:50 AM