Home » » Khasiat Bawang Bombay dan Kandungan Bawang Bombay Manfaat Bawang Bombay

Khasiat Bawang Bombay dan Kandungan Bawang Bombay Manfaat Bawang Bombay

Seperti halnya bawang merah dan bawang putih, tanaman bawang bombay juga dapat tumbuh dengan tegak dan membentuk rumpun, namun perbedaannya terlihat pada fisik tanaman ini, seperti, lapisan umbinya lebih tebal dibanding bawang merah dan bawang putih, dan bentuk umbi bawang bombay juga memiliki bermacam-macam bentuk, ada yang bulat, bulat pipih, dan bulat lonjong.

pada masa penjajahan belanda, orang belanda telah mencoba menanam bawang bombay di dataran tinggi negara Indonesia yaitu di daerah Padang, sumatra. Namun hasilnya kurang memuaskan. Setelah itu percobaan dilanjutkan di daerah Karo. ternyata hasilnya cukup memuaskan karena umbinya berukuran besar-besar. Dan hasil penelitian ternyata bawang bombay dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 800-1.000 meter diatas permukaan laut.

khasiat, kandungan, manfaat, bawang, bombay

Manfaat bawang bombay bagi kesehatan

Di Negara-negara Eropa dan Cina penggunaan bawang bombay untuk bumbu masakan sudah tidak asing lagi, karena hampir semua jenis masakan mereka menggunakan bawang bombay untuk penyedap, pewangi dan menambah nafsu makan, di  Negara Indonesia sendiri penggunaan bawang bombay untuk campuran bahan masakan masih terbilang langka, namun setelah berkembangnya jenis masakan yang banyak dipengaruhi dari negara-negra luar sekarang bawang bombay semakin sering di pakai.

Manfaat bawang bombay selain bumbu masak, bawang bombay ternyata memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, bahkan organisasi kesehatan dunia (WHO) menyatakan bahwa ekstrak yang terkandung dalam bawang bombay dapat membantu mengobati pilek, asma, batuk, serta bronkitis.

bawang bombay memliki kandungan frukto-oligosakarido, yang dapat menahan pertumbuhan bakteri jahat dalam usus besar dan menumbuhkan bakteri sehat, dan menjaga usus besar dari serangan tumor.

Bahkan di Negara Cina selain sebagai bumbu masak, bawang bombay digunakan sebagai obat tradisional yang berfungsi untuk mengobati batuk, radang tenggorokan, infeksi bakteri dan masalah pernapasan lainnya.

Khasiat bawang bombay pada tubuh :

    Mencegah Kangker
    Menurunkan kadar gula darah
    Menurunkan kolesterol dan tekanan darah
    Baik bagi jantung
    Infeksi pernapasan
    Batuk dan radang tenggorokan

Kandungan yang terdapat pada bawang bombay :

    Protein
    Lemak
    Karbohidrat
    kalsium
    fospat
    Zat besi
    Vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan Air.


Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.