;

Translate

Friday, November 30, 2012

Khasiat Bawang Putih Obat Darah Tinggi

Friday, November 30, 2012

Bawang Putih Efektif Sembuhkan Darah Tinggi

Manfaat bawang putih diantaranya dapat mengatasi darah tinggi, kencing manis, kangker, influenza, asma, cacingan, gatal-gatal, batuk, letih. Memang tak sekedar penambah aroma dan rasa masakan untuk membangkitka selera. Keberadaannya dimanfaatkan sebagai panasea berbagai penyakit. Itu sudah diketahui sejak berabad-abad silam. Sebuah papyrus di Meair bertarikh 1500 SM ditemukan berisi 22 khasiat Allium sativum untuk mengobati penyakit. Tak heran Raja Tutankhamun dari Mesir memanfaatkannya untuk stamina dan mencegah penyakit.

Di Roma dan Yunani umbi bawang digunakan sebagai obat lepra dan asma. Sedangkan orang Libanon memanfaatkannya untuk diet. Pada tahun 1858, Louis Pateur ahli mikrobiologi menggunakan kerabat bunga lili itu sebagai desinfektan pembersih luka terbuka serta mencegah gangrene.

Antikolesterol

Khasiat bawang putih dibuktikan secara ilmiah oleh Divisi Kradiologi, California University dan Western Medical Center, Amerika Serikat. Mereka menguji 40 pasien hiperkolesterol berusia 40-75 tahun. Empat minggu sebelumnya seluruh pasien diberikan plasebo, tablet berisi serat biasa sebagai pembanding. Setelah itu mereka diberi asupan ekstrak bawang putih selama 4 minggu dengan disis suplemen yang biasa dikonsumsi pasien.

Khasiat bawang putih dapat mengobati darah tinggi dan kolesterolHasil penelitian menunjukan herbal berbahan bawang putih menurunkan 11% kolesterol, 10% LDL, 34% trigliserida, dan tanpa efek apapun terhadap nilai HDL. Sedangkan plasebo hanya berefek menurunkan LDL dan trigliserida pada 10 pasien.

“bawang putih memiliki zat antipenggumpal darah, sehingga ia berkhasiat antikolesterol”, kata dr Danny Kasim, ahli nutrisi di Jakarta. Hal itu sejalan dengan penelitian Dr Yongxiang Zhang dari University of Tokyo, Jepang. Hasil penelitiannya, bawang putih membantu menurunkan kadar kolesterol karena memiliki ajoene, zat antikolesterol untuk mencegah penggumpalan darah.

Dr Yun-Yan Yeh, ahli nutrisi Penn State University, Kalifornia menyebut tiga grup sulfur pada senyawa bawang putih menghambat 40-60% produksi kolesterol hati tikus yaitu S-ally cysteine, S-ethyl-cysteine dan S-propyl cyteine. Penelitian itu dilanjutkan Yeh pada manusia. Hasilnya menunjukkan penurunan 7% kolesterol darah dan 12% LDL setelah mengkonsumsi kapsul berbahan bawang putih selama 5 bulan.

Banyak khasiat

Bawang putih efektif sembuhkan darah tinggi”, kata  dr Setiawan dalimartha, dokter selagus herbalis di Jajarta. Konsumsi 2 siung bawang putih dipotong halus setiap pagi dan sore selama 2 minggu dapat menurunkan darah tinggi menjadi normal. Menurut alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya itu, manfaat diperoleh karena kandungan asam amino alisin. Alisin bersifat antioksidan penyerap lemak.

Selain penyakit kolesterol tinggi dan hipertensi, peneliti pada Universiti of Texas dan Anderson Cancer Center, Houston, Amerika Serikat mengungkap bahwa kandungan S-allyl cysteine dan dialyl sulfide menghambat 36% kerusakan usus. Diallyl sulfide diklaim sebagai salahsatu penghadang tumor terbaik.

Mereka juga mengungkap bawang putih merangsang poliferasi limfosit yang meningkatkan 25% sel darah putih penanggung jawab system kekebalan. Menurut dr Denny Kasim manfaat bawang putih optimal jika konsumsinya ditunjang dengan menghindari beberapa factor pemicu lain. Konsumsi lemak, pedas, kuning telur, dan gula mesti dibatasi. Sedangkan sayuran dan buah segar diperbanyak. Tak kettinggalan istirahat cukup dan olahraga teratur agar terhindar dari berbagai penyakit.

Cara meramu bawang putih untuk obat

  • Untuk mengobati hipertensi (darah tinggi): cara meramunya, tiga siung bawang putih ditumbuk halus, kemudian hasil tumbukan diperas dan disaring. Air hasil saringan bisa langsung diminum, untuk mendapatkan hasil, lakukan secara ter atur setiap hari.
  • Untuk mengobati asma, batuk, dan masuk angin:  sediakan tiga siung bawang putih, kemudian satu sendok makan madu, dan gula batu secukupnya. cara meramunya, haluskan bawang putih, sesudah halus campurkan bawang dengan bahan yang lainnya dan aduk sampai merata, kalau sudah cukup merata peras menggunakan saringan. Air hasil saringan lebih baik diminum setiap pagi.
  • Untuk obat cacingan, caranya, bawang mentah yang sudah dikupas dan dicuci bisa lagsung dimakan, 2 atau 3 siung.
  • Utuk mengobati luka gigitan serangga, caranya, umbi bawang putih ditumbuk halus, kemudian campurkan sendawa (KNO3) dan garam sampai rata. Selanjutnya campuran tersebut dioleskan pada bagian tubuh yang luka.
Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui google plus [g+] dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Trima kasih atas partisipasinya.

Pecinta Tanaman - 9:49 PM

Monday, November 26, 2012

Khasiat dan Manfaat Buah Matoa

Monday, November 26, 2012

Habitat matoa memang menyebar di Sumatra, Jawa, Sulawesi, Pulau Sumbawa (NTB), Maluku, dan Papua. Di Sumatra matoa sering disebut kasai, pakam, dan kungkil. Sunda: leungsir, Jawa: kayu, sapi, Kalimantan: kasai gunung, pakam, kungkil, Sulawesi: landing, kase, nautu, latut. Nama matoa sendiri berasal dari Maluku. Sebutan lainnya hatobu, ngaeke, ngaahe, kai. Di papua: ihi, miti, habele, dan tawa.

Dalam perdagangan internasional matoa kerap dikenal sebagai Fijian longan. Pohonnya memang banyak ditemukan di negara yang terletak di Samudra Pasifik itu. Penduduk setempat menyebutnya dawa.

Pohon matoa mencapai ketinggian 50 m. daun berukuran besar, bundar sampai bundar memanjang. Tulang daun tegas menonjol kebawah, dan tepi bergerigi. Tangkainya mencapai 1 m. bunga majemuk muncul dari ujung tangkai daun.

khasiat, manfaat, buah. matoa, manfaat buah matoa

Buah bulat lonjong seukuran telur puyuh. Kulit licin, berwarna hijau waktu muda, cokelat kehitaman begitu masak. Kulit buah tipis dan kering melindungi daging yang bening, kenyal, manis, dan berair. Di dalamnya ada biji kecil berwarna cokelat kehitaman dan mengkilap.

Hasil observasi Sudarmono, peneliti Kebun Raya Bogor, matoa asal Indonesia timur yaitu Sulawesi, Maluku, dan Papua, lebih manis dan berdaging lebih tebal. Rasanya kombinasi rambutan, lengkeng, dan durian. Selain dimakan segar, buah dibuat manisan, sirup, atau jeli. Para pendatang di Papua sangat menyukai anggota keluarga Sapindaceae itu sebagai buah meja. Uniknya matoa justru kurang popular dikalangan penduduk asli cendrawasih itu. Di Sumtera Selatan penduduk menikmati panggangan biji yang berlemak. 

Beberapa manfaat dari pohon matoa, diantaranya:

Kulit kayu dipakai masyarakat priangan untuk mengobati luka. Penduduk Papua menggunakan daun yang besar sebagai mulsa pada penanaman gembili atau gadung. Di Malaysia rebusan daun dan kulit kayu dipakai mandi untuk mengatasi demam. Kayunya cukup kuat untuk tiang bangunan, lantai, kusen, dan perahu.

Masyarakat Fiji menggunakan ekstrak daun matoa untuk menghitamkan rambut. Rendam daun di air panas baik untuk mengobati disentri. Sedangkan influenza dan nyeri tulang sendi diobati dengan cairan yang diperas dari kulit kayu bagian dalam. Konon kayu itu juga bersifat kontraseptif.


Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

Pecinta Tanaman - 5:10 PM

Cara Mudah Budidaya Kedondong Cara Sambung Pucuk

Bagi sebagian orang yang memiliki hobi merawat tanaman yang mungil alias bonsai tentunya memiliki kepuasan batin tersendiri apabila tanaman tersebut menunjukan penampilannya yang prima, dan kita pun tentunya akan merasa betah merawatnya. Ada beberapa tanaman yang biasa dijadikan bonsai seperti cemara udang, karet korea, kianti, rhododendron, soka, kemuning dan tanaman hias lainnya. Namun kali ini saya akan berbagi info tentang pembuatan bonsai dari jenis tanaman buah yaitu dari buah kedondong atau sering disebut kedondong sambung pucuk.

Bonsai kedondong agar lebih indah dilihat sebaiknya menggunakan kedondong hutan atau biasa disebut kedondong cina untuk dijadikan bonggolnya, yang disambung pucuk dengan kedondong bangkok. Bonggol kedondong dengan ukuran 60-80 cm dan tinggi 1,5 m akan tampak seperti mengenakan mahkota. Karena di ujung batangnya yang tumpul bermunculan ranting yang sarat dengan buah.


Syarat bonggol yang dipakai

Agar tampak eksotik, bonggol kedondong cinanya dipilih yang bagus, lebih baik lagi kalau bisa mendapatkan yang beralur-alur sehingga tampak tua umurnya. Lingkar batang pohon dipilih yang berukuran 60-80 cm. selanjutnya untuk mempermudah penyambungan, batang dipotong-potong dengan panjang tergantung kebutuhan, antara 1-1,5 m. pemotongan bisa dilakukan dengan gergaji mesin secara hati-hati, jangan sampai kulit batang terkelupas. Penggergajian harus sekali jadi dan halus bekas potongannya. Ini sangat menentukan keberhasilan tumbuhnya akar batang bawah.
Potongan batang yang dipakai tidak sembarangan. Batang yang paling dekat dengan akar sebaiknya tidak dipakai karena terlalu berat untuk dipindahkan kedalam pot. Setelah dipotong, batang-batang “diamankan” ditempat terbuka dan terkena sinar matahari penuh, agar bekas luka kering. Pengeringan biasanya memerlukan waktu 3 hari. Setelah itu baru bisa ditanam. Sementara menunggu potongan batang menjadi kering, lubang tanam disiapkan.

Ditanam bersudut 60°

Persiapan tanam bonggol tergantung pada jumlah bonggol yang akan ditanam dan tempat yang tersedia. Bila lahan tidak luas dan bonggol hanya satu dua batang saja, penanaman bisa dilakukan disembarang tempat dan tidak diperlukan persiapan khusus. Tapi kalau bonggolnya banyak dan arealnya luas, cara tanamnya bisa dibuat alur.

budidaya, kedondong, sambung, pucung, budidaya kedondongTanah dicangkul  sedalam dua cangkulan, kira-kira 40 cm. kemudian tanah dibalik lagi sambil diberi campuran pupuk urea dan TSP dengan perbandingan 1:1, sebanyak satu sendok makan. Jatah pupuk ini untuk satu batang. Jumlah pupuk tidak boleh lebih dari itu, karena bisa menyebabkan keringnya batang. Tanah siap ditanami setelah disiram terlebih dahulu. Tanah siap ditanami setelah disiram terlebih dahulu.

Batang ditanam miring 60° terhadap permukaan tanah untuk menghindari kematian, untuk itu gunakan penyanggah agar bonggol tidak roboh, penyanggah bisa terbuat dari bambu dan cukup dua batang supaya bisa disilangkan.

Butuh perangsang

Bila perawatan baik, sebulan setelah tanam akan tumbuh akar dan tunas pada bonggolnya. Perawatan meliputi perangsangan pada akar dan tunas dengan ZPT dan pupuk daun serta penyiraman satu kali. Caranya, kira-kira 75% volume cairan ZPT dan pupuk daun itu disemprotkan ke batang dan sisanya disiramkan ke tanah sekitar batang. Selain itu penyiraman dilakukan sehari 2 kali.
Penyambungan.

Apabila tunas-tunas telah bermunculan di bonggol bagian atas, selanjutnya dipersiapkan penyambungan dengan kedondong Bangkok. Tunas yang akan disambung diseleksi yang sehat dan letaknya bagus. Biasanya jumlah tunas yang tumbuh sekitar 6-7 batang. Agar tidak semerawut dan indah dipandang, tunas sebaiknya disisakan 3 batang saja.
Untuk tunas atas pilih yang sehat yaitu tidak berbintik-bintik putih, umur tunas  yang baik kira-kira sebulan dan memiliki diameter 0,5 cm, dan ujungnya dipilih yang hampir mengeluarkan daun muda. Tunas di potong maksimal 15 cm panjangnya.

Cara sambung seperti biasa, kedua tunas dipotong dan disambung dengan bentuk potongan huruf V. agar sambungan pucuk kedondong tetap menyatu diikat dengan tali plastic. Selama 2 minggu sambungan dikerudungi plastic.


Dibutuhkan waktu 6 bulan supaya berbuah matang

Jika sambungan telah berumur 2 minggu, kerudung plastiknya diberi lubang sedikit demi sedikit untuk mengurangi kelembapan yang ada dibagian dalam. Penyesuaian dengan udara luar ini dilakukan selama 3 minggu. Plastic akan dibuka seluruhnya kalau sambungan sudah jadi. Tandanya, tunas berwarna hijau, tidak layu, dan tidak ada lagi daun-daun yang gugur. Dari pentil sampai buah menjadi tua dibutuhkan waktu 6 bulan.

Pemindahan ke pot

Pot yang baik untuk tanaman ini berukuran diameter kurang lebih 1 m dengan tinggi 70-100 cm. pot itu diberi lubang secukupnya, kemudian kedalamnya ditaruh peresapan air, misalnya ijuk, pakis anggrek, atau serutan kayu jati. Medianya yang meruoakan campuran antara tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1, dimasukan setelah bahan peresap. Sebelum tanaman dipindahkan, media diberi satu sendok makan pupuk TSP.

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

Pecinta Tanaman - 2:13 PM