;

Translate

Sunday, January 20, 2013

Manfaat Stroberi untuk Kecantikan

Sunday, January 20, 2013

A.    Stroberi untuk kecantikan

Buah stroberi mengandung asam salisilat (salah satu jenis  asam beta-hidroksi yang membantu mengencangkan kulit), silica, serta vitamin B, C, E, dan K. Dengan demikian, manfaat stroberi dapat menyehatkan dan meremajakan kulit. Oleh karena itu, stroberi pun banyak dipakai untuk membuat masker.

Cara membuat masker stoberi:

Hancurkan beberapa buah stoberi yang telah di pisahkan dari tangkai dan daunnya. Kemudian, usapkan dua sendok makan hancurkan stoberi tadi pada wajah dan biarkan selama 15 menit.Seteh itu, bilas dengan air steril atau air hangat biasa. Kulit wajah pun jadi lebih cantik.

B.    Stroberi untuk kesehatan

Stroberi mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya sebagai diuretic dan antirematik. Dengan minun 3 hingga 4 gelas larutan daun dan akar stroberi, kita akan terbebas dari asam urat dan nyeri sendi. Dengan meminum air hasil rebusan akar stroberi yang menghasilkan zat antiradang, hal itu juga bisa memulihkan pembengkakan akibat nyeri sendi tersebut.

Daun stroberi juga memiliki zat astringent. Dengan meminum tiga hingga empat cangkir air hasil rebusan daun stroberi per hari, kita bisa terbebas dari diare. Lumatan daun stroberi yang dilumurkan di wajah juga sangat bermanfaat untuk mencegah pengeriputan kulit.

Buah stroberi kaya akan vitamin C dan mengandung zat antianaemik sehingga bermanfaat  untuk pertumbuhan anak. Buah stroberi yang hanya sedikit mengandung gula juga sesuai untuk diet bagi pengidap diabetes.

Menurut penelitian, stroberi dapat mencegah kanker payudara dan leher rahim. Fungsi antioksidan stroberi turut di sumbangkan oleh kandungan vitamin C yang tinggi, yaitu 56,7 mg per 100 gram. JIka memakan 8 buah stroberi berukuran sedang, kita telah mencukupi kebutuhan C harian kita.

Manfaat, khasiat, stroberi, kecantikan

C.    Stroberi untuk makanan
Stoberi dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu stoberi segar dan stoberi olahan.

1.    Stoberi segar
Stoberi dapat dikonsumsi dalam keadaan segar. Stoberi segar biasanya berasa manis, beraroma harum, dan daging buahnya berstektur lembut.

Stoberi olahan
Tidak semua stoberi berasa manis, ada pula yang rasanya agak asam. Stoberi yang berasa asam itulah yang sengaja dijadikan produk olahan, seperti untuk sirup, jeli, dodol, selai, jus, manisan, bermacam-macam kue dan pudding, dan es krim.

Stroberi dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis makanan. Terdapat tempat-tempat yang khusus menyediakan berbagai macam makanaan yang husus terbuat dari stoberi. Misalnya, Rumah stoberi yang ada diwilayah Cihideung, Lembang bandung. Di tempat tersebut, pengunjung juga dapat memetik stroberi segar langsung dari kebun.
Jika tidak ingin jauh-jauh pergi ke daerah Bandung, di Jakarta pun terdapat tempat untuk memperoleh stoberi dengan cara yang agak berbeda. Tempat tersebut adalah Waroeng Stoberi.


Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 7:18 AM