;

Translate

Tuesday, February 5, 2013

Khasiat dan Manfaat Buah Anggur Dapat Menyambung Nyawa

Tuesday, February 5, 2013

Manfaat Buah Anggur Dapat Mempperpanjang Umur Hidup Ikan

Buah anggur memang banyak penggemarnya, walaupun harganya agak tinggi dibanding dengan buah-buah yang lain. Namun tidak banyak orang yang mengetahui manfaat buah anggur yang dapat memperpanjang peluanng hidup.

Anggur merupakan tanaman buah perdu yang merambat. Anggur berasal dari Amerika, tetapi budidaya anggur sudah dikembangkan di Timur Tengah sejak 4000 SM. Anggur memiliki rasa yang enak ternyata memiliki manfaat besar bagi kehidupan makhluk hidup lainnya.

Salah satu zat senyawa organic yang dimiliki anggur yaitu Resveratrol. Senyawa tersebut telah terbukti dalam penelitian terhadap species ikan Nothobranchius turzeri yang dapat memeperpanjang peluang hidup ikan tersebut.

Peluang hidup ikan yang rata-rata sembilan minggu, bertambah 50% setelah makanannya dicampur dengan senyawa Resveratrol. Sebelumnya pernah juga dilakukan penelitian yang menunjukan bahwa Resveratrol dapat memeperpanjang peluang hidup ragi dan serangga. Baru kili ini pengaruhnya terbukti pada hewan bertulang belakang.

Para ilmuwan menduga senyawa Resveratrol dapat memperpanjang hidup karena dapat mempertahankan kekuatan pussat system saraf otak. Hal ini didasarkan pada hasil pembedahan tubuh ikan yang makanannya diberi senyawa Resveratrol.

Hasil menunjukan bahwa neuron-neuron otaknya tidak rusak sebesar yang dialami oleh ikan yang tidak diberi Resveratrol.
Senyawa yang umumnya ditemukan pada buah anggur ini mungkin dapat juga berpengaruh pada manusia. Meskipun demikian, pengaruhnya hingga bisa memperpanjang umur pada tubuh masih belum diketahui.

khasiat buah anggur, manfaat buah anggur

Jenis-jenis Anggur yang Dapat Dimakan

Anggur termasuk jenis tanaman marga Vitis. Namun, tidak semua jenis marga ini dapat dimakan. Adapun yang dapat dimakan hanya dua jenis, yaitu Vitis vinifera dan Vitis labrusca. Kedua jenis tanaman anggur ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

1.    Kulitnya tipis
2.    Rasanya manis dan seegar
3.    Dapat tumbuh ditaran rendah hingga 3oo m dpl.dan beriklim kering
4.  Anggur jenis ini, diantaranya anggur Gross collma, Probolinggo biru dan putih, Situ bondo kuning, Alphonso lavaile, dan Golden champion.

Adapun ciri-ciri tanaman anggur jenis vitis labrusca, yaitu sebagai berikut:

1.    Kulitnya tebal
2.    Rasanya masam dan kurang segar
3.    Dapat tumbuh di dataran rendah hingga 900 dpl
4.    Anggur jenis ini, diantaranya anggur Delaware, Carman, Beacon, dan Isabella.

Kalau Anda ingin mencoba menanam anggur, bisa anda ikuti petunjuknya disini cara menanam anggur dalam pot

Dari kedua jenis tersebut, anggur yang banyak dikembangkan di Indonesia dan direkomendasikan oleh Departemen Pertanian sebagai jenis unggul, yaitu jenis Vitis vinifera dari varietas anggur Probolinggo biru dan Alphonso lavaile. Namun, ada juga yang dianjurkan ditanam, antara lain anggur Gross collman, Probolinggo putih, Isabella, Delaware, Chifung, dan Australia.


Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.



www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 12:23 PM