;

Translate

Tuesday, September 24, 2013

Manfaat Tumbuhan Paku

Tuesday, September 24, 2013

Mungkin selama ini kita tidak tau bahwa kita telah merasakan manfaat tumbuhan paku, atau bisa saja kita hanya memandang tanaman paku sebagai benalu. Menurut para ilmuwan tumbuhan paku memiliki lima belas ribu jenis mereka dapat hidup diwilayah belahan dunia manapun.


Manfaat, Tumbuhan, Paku
Tumbuhan paku paling sering kita lihat sebagai tanaman hias yang sering dipajang di halaman rumah atau di pot-pot cantik yang menghiasi teras rumah kita. Lebih daripada itu tanaman paku dapat kita gunakan sebagai obat, pupuk dan sebagainya. Di bawah ini ada beberapa kelebihan tanaman paku yang dapat kita ambil manfaatnya.

Manfaat tumbuhan paku:

  • Beberapa jenis tumbuhan paku dipelihara sebagai tanaman hias, misalnya paku tanduk rusa (Platycerium bifurcatum), paku sarang burung (Asplenium sp,.), suplir (Adiantum sp,.), dan paku rane (selaginella sp.)
  • Tumbuhan paku juga ada yang dimanfaatkan sebagai penghasil obat-obatan.Misalnya aspidium sp,.Dryopteris filix mas, dan Lycopodium clavatum.
  • Tumbuhan paku juga dimanfaatkan sebgai sayuran. Contohnya adalah semanggi dan Pteridium aquilinium.
  • Dalam hal kesuburan tanah, tumbuhan paku juga dimanfaatkan sebagai pupuk hijau, misalnya azolla pinnata. Dalam hidupnya, tumbuhan paku ini hidup bersimbiosis dengan ganggang hijau-biru yaitu Anabaena azollae dalam mengikat nitrogen dari udara.
  • Dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat karangan bunga, misalnya Lycopodium cernuum.



Tumbuhan paku tidak hanya memiliki tubuh kecil ada juga yang memiliki tubuh besar alias raksasa namun tumbuhan itu dapat ditemukan pada zaman Karbon, dan tumbuhan paku yang besar-besar dapat dikelompokan menjadi dua yaitu, Lepidodendron dan Sigillaria.

Biasanya kelompok Lepidodendron memiliki ketinggian sampai 30 m dan memiliki diameter batangnya kurang lebih satu meter dan panjang daunnya 10-60 cm meranggas dan sempit-sempit.

(Sumber Buku: Pengelompokan Tumbuhan. Sumber Gambar: Youtube.com)


Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 9:32 AM