;

Translate

Friday, October 18, 2013

Manfaat Jeruk Nipis

Friday, October 18, 2013

Jeruk merupakan buah yang dikenal oleh setiap orang. Dapat dikatakan bahwa setiap orang mempunyai dan pernah makan buah yang enak rasanya ini. Selain rasanya yang enak, buah jeruk nipis banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.

manfaat jeruk nipis, khasiat jeruk nipis, manfaat buah jeruk

Seperti kita ketahui, jeruk mengandung vitamin C dan A, dua vitamin yang sangat penting sekali untuk kesehatan manusia. Bahkan jeruk bukan hanya mengandung vitamin C dan A saja, melainkan juga mengandung vitamin B1 dan B2.

Kalau ingin jeruk yang kandungan vitamin C nya banyak, maka kita dapat memilih jeruk nipis atau yang lebih dikenal pula dengan nama jeruk pecel dan juga jeruk sitrun. Tapi ingat bahwa yang mengandung vitamin C ini bukan hanya kedua jeruk ini saja, melainkan semua buah jeruk juga mengandung vitamin C, hanya saja kadarnya yang paling banyak adalah jeruk nipis dan jeruk sitrun.


Apakah kegunaan vitamin C ini buat tubuh kita? Sebenarnya kegunaan vitamin C bagi tubuh adalah sebagai perisai tubuh dari berbagai penyakit. Orang yang kekurangan vitamin C akan cepat lesu dan lelah serta sangat mudah terserang/dihinggapi berbagai penyakit.


Lagi pula kalau badan kita kekurangan vitamin C akan dapat mengakibatkan kurangnya nafsu makan, gigi kita tidak kuat dan mudah goyah, serta bisa mengakibatkan pendarahan ringan dibawah kulit kita.

Jeruk juga banyak menganung vitamin A, maka sangat baik sekali buat mata. Karena orang yang kekurangan vitamin A maka penglihatan menjadi buram. Bila tidak segera diobati lama kelamaan menjadi buta. 

Memang kebutuhan Vitamin A bagi tubuh kita hanya sedikit. Maka kalau kita setiap hari makan sebutir jeruk saja, itu sudah cukup dan tubuh kita tidak akan kekurangan vitamin A. Perlu diketahui bahwa buah-buahan yang dagingnya berwarna kuning, seperti jeruk dan juga mangga banyak mengandung vitamin A. demikian juga bangsa umbi-umbian yang dagingnya berwarna.

Karena jeruk rasanya enak, maka sangat disukai orang tua maupun anak-anak. Karena itu pabrik-pabrik farmasi dalam membuat obat-obatan untuk anak-anak sering diramu dengan rasa jeruk. Dalam pengobatan traisional, buah jeruk memegang peranan cukup penting. 

Misalnya jeruk nipis yang diperas airnya dan dicampur dengan kecap sedikit kapur sirih dapat digunakan sebagai obat batuk yang sangat mujarab, atau jeruk nipis diberi kapur sirih sedikit lalu dibakar sampai hangat-hangat kuku, kemudian diperas dan airnya diminumkan juga dapat menyembuhkan penyakit batuk.

Kalau untuk membuat bahan minuman dan permen rasa jeruk dapat digunakan buah jeruk ataupun bunga dan buahnya yang manis muda. Karena baik bunga maupun buah yang masih muda memiliki kandungan minyak dan aroma rasa jeruk yang cukup tinggi.

Sebagai bahan campuran dalam makanan daun jeruk nipis yang masih muda (pupus) sangat enak bila dicampurkan pada bumbu sate kambing. Tentu saja dengan cara daun jeruk nipis yang masih muda itu diiris-iris halus. 

Di luar negeri kulit buah jeruk juga dimanfaatkan oleh pabrik-pabrik minuman. Dari kulit tersebut dapat diambil minyaknya yang berbau wangi jeruk untuk bahan campuran minuman. Pabrik-pabrik ini kebanyakn berdiri di Spanyol, selain itu kulit buah jeruk juga dipergunakan dalam pembuatan minyak wangi, sabun wangi, dan campuran alam pembuatan kue-kue. Bahkan dari penyelidikan para ahli, limbah jeruk yang terdiri dari kulit luar, kulit dalam, dan biji jeruk, apat diolah menjadi gula tetes, alcohol, minyak, dan makanan ternak.

Jadi, manfaat jeruk nipis atau jeruk-jeruk yang lainnya sangat banyak manfaatnya bagi tubuh kita., terutama untuk menjaga pertahanan tubuh supaya prima.

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 7:34 AM