;

Translate

Sunday, November 10, 2013

Manfaat Buah Semangka

Sunday, November 10, 2013

Buah Semangka kaya sekali akan zat likopen. Likopen inilah yang mampu menumpas bibit kanker. Itulah salah satu manfaat buah semangka bagi tubuh kita. Banyak makan semangka, bahkan setiap hari pun tak masalah, justru dapat menyusutkan resiko kanker mulut rahim dan kanker prankeas pada wanita.

Manfaat Buah Semangka, Manfaat Semangka, buah semangka

Terhadap kanker pencernaan, likopen yang terkandung di dalam semangka mampu mencegahnya hingga risikonya berkurang separuhnya, seperti kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar, kanker anus, dan juga kanker prostat. 

Selain itu, likopen berguna untuk membuat wajah tampak bercahaya, tampak segar, dan lebih muda. Bagi lansia, semangka tidak hanya membantu memulihkan gangguan kesehatan lebih cepat, namun juga membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat.

Hampir seluruh  bagian dari tanaman semangka dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya daging buah semangka dapat dibuat jus, bijinya dapat dibuat kuaci, dan yang lebih penting lagi dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit. Berikut ini adalah beberapa contoh pemakaiannya.

Mengobati Penyakit Busung Lapar
Jemur biji semangka secukupnya sampai kering, lalu giling samapai menjadi serbuk. Ambil satu senok makan, lalu seduh dengan tiga perempat  cangkir air panas. Setelah hangat, tambahkan satu sendok makan madu. Aduk merata, minu sekaligus. Lakukan dua kali sehari.

Mencegah Kerontokan Rambut
Ambil sepotong kulit buah semangka yang hanya tersisa  dagingnya yang keras dan berwarna putih. Gosok-gosokan pada kulit kepala secara merata. Lakukan pada sore hari, lalu biarkan semalaman supaya meresap. Keesokan paginya, cuci rambut sampai bersih. Lakukan sekali dalam seminggu.

Mengobati Tekanan Darah Tinggi
Makan buah semangka setiap hari sebagai buah segar atau jus. Sehari minum 2 gelas jus buah semangka. Kemudian, kulit buah semangka dan gambir masing-masing 30 g diseduh dengan air mendidih. Minum seperti teh.

Menghaluskan Kulit dan Menghilangkan Flek Hitam di Hajah
Jemur kulit semangka secukupnya sampai kering, lalu giling sampai menjadi serbuk. Masukkan dua sendok makan serbuk tadi ke dalam jus yang dibuat dari satu batang lidah buaya dan satu buah mentimun berukuran sedang. Setelah diaduk rata, gunakan sebagai masker. Lakukan 2-3 kali seminggu, sampai kelihatan hasilnya.

Gatal di Badan Karena Terkena Tanaman Beracun
Gosokkan bagian tubuh yang gatal an kemerahan dengan buah dan kulit semangka.

Tekanan Darah Tinggi dan Anemia
Buah semangka ukuran sedang diambil seperempat bagiannya. Kulit, biji, dan daging buahnya dibuat jus, lalu diminum sekaligus.

Demam, Air kemih kuning Tua, dan Hangover
Makan daging buah semangka segar sebanyak 500-1.000 g. Lakukan 2-3 kali sehari.

Heat stroke, Rasa lemah, dan Mual
Jus buah semangka secukupnya. Minum 1-2 cangkir, diulang 2-3 kali sehari sampai terasa enak.

Kencing Manis
Potong-potong kulit buah semangka (30 g ) dan buah biji jambu yang masih setengah matang (1 buah), lalu rebus dengantiga gelas air sampai tersisa satu gelas, dan minum setelah ngin. Lakukan setiap hari, sehari 2-3 kali.

Rebus biji semangka ( 1 genggam) dengan satu liter air sampai mendidih (45 menit) dalam panci tertutup. Setelah ingin, minum seperti the dan lakukan setiap hari.

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 8:36 PM