;

Translate

Saturday, October 26, 2013

Manfaat Jambu Biji Khasiat Daun, Kulit, Batang dan Akarnya

Saturday, October 26, 2013

Manfaat  jambu biji beserta daun, kulit, akar dan batang, sudah diketahui dari jaman dulu. Namun tidak sedikit orang yang tidak mengetahui apa saja khasiat atau manfaat yang terkandung dari tanaman yang satu ini.

manfaat jambu biji, manfaat daun jambu biji, khasiat jambu biji, akar jambu biji

Jambu biji termasuk buah yang kaya vitamin. Namun, bukan hanya buahnya yang berguna, mulai dari akar, daun, kulit, dan batangnya juga sangat fungsional, terutama untuk oabt-obatan. Akar, kulit, batang, dan daunnya dapat menyembuhkan mencret, sariawan, diare, dan penyakit perut lainnya. Caranya , akar, kulit, batang, dan daunnya direbus sampai mendidih, kemudian airnya diminum.

Tanaman jambu biji berkhasiat sebagai obat antibakteri karena mengandung avikularin dan guaijaverin. Daunnya dapat menyembuhkan luka. Caranya, daun jambu biji ditumbuk halus kemudian ditempelkan pada lukanya.

Daun jambi biji juga bisa dipergunakan untuk pengawetan telur ayam rebus. Daunnya juga bisa meredam atau minimal meringankan aroma jengkol yang menyengat. Caranya, jengkol direbus dengan daun jambu biji. Buah jambu biji, selain enak di konsumsi secara langsung, juga bisa digunakan sebagai bahan baku untuk minuman sari buah dan bermacam-macam makanan yang berguna bagi kesehatan manusia.


Dalam perang dunia kedua, makanan darurat tentara Amerika dilengkapi dengan makanan dari buah jambu biji untuk meningkatkan daya tahan mereka terhadap infeksi. Disamping kadar vitaminnya tinggi, buah jambu biji mengandung cukup banyak mineral besi, fospat, dan kapur. Zat besi 4/5 bagian berada pada biji, sayangnya tidak dapat dicerna oleh manusia maupun hewan.

Biji jambu yang tertelan oleh manusia maupun hewan akan keluar lagi dalam keadaan utuh bersama kotoran. Untuk itu, hewan merupakan salah satu pengembangbiakan tanaman jambu biji, karena ia menaburkan bijinya di berbagai tempat.

Tinggi rendahnya  kadar vitamin A buah jambu biji sangat dipengaruhi oleh warna dagingnya. Penelitian menunjukkan bahwa tiap 100 gram daging buahnya mengandung 3.100 mikrogram vitamin A dan 310 miligram vitamin C. Buah daging yang pucat warnanya biasanya tidak mengandung vitamin A, namun rata-rata masih mengandung 46 miligram vitamin C. Dengan demikian, buah jambu biji yang dagingnya berwarna apapun pasti mengandung vitamin C yang lumayan tinggi.

Selain buah yang matang, daun, kulit batang, akar, dan buah mudanya mengandung zat psiditanin. Daunnya mengandung minyak atsiri eugenol dan damar disamping zat-zat mineral yang terdapat di dalam buah. Dalam ramuan tradisional, daun, kulit, batang, akar, dan buah mudanya, dinyatakan sangat mujarab untuk pengobatan penyakit disentri, mencret, radang lambung, sariawan. Keputihan, dan lain-lain.

Akar atau 5-7 lembar daun jambu biji jika dituang dengan air panas lalu airnya di minum sebanyak 3-4 sendok, bisa menyembuhkan penyakit disentri, mencret, dan gangguan pencernaan lainnya. Selain itu, arang batang jambu biji yang ditumbuk halus dapat dijadikan roti. Jika ada tanda-tanda anda terserang penyakit flu, segeralah makan buah jambu biji. Anda akan terhindar dari penyakit tersebut. Membisakan memakan buah jambu biji merupakan usaha preventif untuk mencegah penyakit flu.

Orang yang terserang penyakit yang cukup berat, semisal demam berdarah, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah jambu biji, terutama yang dagingnya berwarna merah. Jambu biji yang dagingnya berwarna merah sudah cukup terkenal bisa membantu proses kesembuhan seseorang yang terkena penyakit demam berdarah. Hal ini bisa terjadi karena kadar gizi dan vitamin yang terdapat pada buah jambu biji yang dagingnya berwarna merah mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang yang terkena penyakit cukup berat dan serius.

Sebelum ada perkembangan teknologi makanan, buah jambu biji biasanya dinikmati secara langsung. Anak-anak dan orang dewasa yang masih kuat giginya dapat menikmati buah yang ¾ masak atau sudah benar –benar masak dan lunak. Orang tua yang giginya sudah rapuh dan ompong masih bisa menikmati buah jambu biji yang sangat matang dan sudah benar-benar lunak dagingnya.

Beberapa orang beranggapan bahwa memakan buah jambu biji dapat mengakibatkan sakit perut, bahkan sakit usus buntu. Kekhawatiran ini sebenarnya hanya merupakan dugaan saja. Rasa takut bisa diatasi dengan cara memakan daging buah jambu biji bagian luar saja.

Jika ingin memakan keseluruhan bagian buahnya, kita bisa melumatkan seluruh buah dengan cara merebusnya dalam air kemuian disaring dan dipisahkan bijinya. Daging buah yang sudah lumat bisa ditambah gula, sesuai selera. Untuk menambah nikmatnya rasa, daging buahnya bisa dibubuhi sedikit air jeruk atau asam sitrun.

Cara lain yang bisa ditempuh untuk memisahkan bij buah jambu biji dari dagingnya adalah dengan cara dibuat juice. Setelah juice jadi, biji didalamnya bisa disaring. Kita pun mendapatkan  minuman yang nikmat dan segar, mengandung gizi tinggi, dan aman. Jus jambu biji juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti air jeruk dan tomat yang dikonsumsi oleh bayi dan anak-anak.


Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

Pecinta Tanaman - 10:33 AM

Friday, October 18, 2013

Manfaat Jeruk Nipis

Friday, October 18, 2013

Jeruk merupakan buah yang dikenal oleh setiap orang. Dapat dikatakan bahwa setiap orang mempunyai dan pernah makan buah yang enak rasanya ini. Selain rasanya yang enak, buah jeruk nipis banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.

manfaat jeruk nipis, khasiat jeruk nipis, manfaat buah jeruk

Seperti kita ketahui, jeruk mengandung vitamin C dan A, dua vitamin yang sangat penting sekali untuk kesehatan manusia. Bahkan jeruk bukan hanya mengandung vitamin C dan A saja, melainkan juga mengandung vitamin B1 dan B2.

Kalau ingin jeruk yang kandungan vitamin C nya banyak, maka kita dapat memilih jeruk nipis atau yang lebih dikenal pula dengan nama jeruk pecel dan juga jeruk sitrun. Tapi ingat bahwa yang mengandung vitamin C ini bukan hanya kedua jeruk ini saja, melainkan semua buah jeruk juga mengandung vitamin C, hanya saja kadarnya yang paling banyak adalah jeruk nipis dan jeruk sitrun.


Apakah kegunaan vitamin C ini buat tubuh kita? Sebenarnya kegunaan vitamin C bagi tubuh adalah sebagai perisai tubuh dari berbagai penyakit. Orang yang kekurangan vitamin C akan cepat lesu dan lelah serta sangat mudah terserang/dihinggapi berbagai penyakit.


Lagi pula kalau badan kita kekurangan vitamin C akan dapat mengakibatkan kurangnya nafsu makan, gigi kita tidak kuat dan mudah goyah, serta bisa mengakibatkan pendarahan ringan dibawah kulit kita.

Jeruk juga banyak menganung vitamin A, maka sangat baik sekali buat mata. Karena orang yang kekurangan vitamin A maka penglihatan menjadi buram. Bila tidak segera diobati lama kelamaan menjadi buta. 

Memang kebutuhan Vitamin A bagi tubuh kita hanya sedikit. Maka kalau kita setiap hari makan sebutir jeruk saja, itu sudah cukup dan tubuh kita tidak akan kekurangan vitamin A. Perlu diketahui bahwa buah-buahan yang dagingnya berwarna kuning, seperti jeruk dan juga mangga banyak mengandung vitamin A. demikian juga bangsa umbi-umbian yang dagingnya berwarna.

Karena jeruk rasanya enak, maka sangat disukai orang tua maupun anak-anak. Karena itu pabrik-pabrik farmasi dalam membuat obat-obatan untuk anak-anak sering diramu dengan rasa jeruk. Dalam pengobatan traisional, buah jeruk memegang peranan cukup penting. 

Misalnya jeruk nipis yang diperas airnya dan dicampur dengan kecap sedikit kapur sirih dapat digunakan sebagai obat batuk yang sangat mujarab, atau jeruk nipis diberi kapur sirih sedikit lalu dibakar sampai hangat-hangat kuku, kemudian diperas dan airnya diminumkan juga dapat menyembuhkan penyakit batuk.

Kalau untuk membuat bahan minuman dan permen rasa jeruk dapat digunakan buah jeruk ataupun bunga dan buahnya yang manis muda. Karena baik bunga maupun buah yang masih muda memiliki kandungan minyak dan aroma rasa jeruk yang cukup tinggi.

Sebagai bahan campuran dalam makanan daun jeruk nipis yang masih muda (pupus) sangat enak bila dicampurkan pada bumbu sate kambing. Tentu saja dengan cara daun jeruk nipis yang masih muda itu diiris-iris halus. 

Di luar negeri kulit buah jeruk juga dimanfaatkan oleh pabrik-pabrik minuman. Dari kulit tersebut dapat diambil minyaknya yang berbau wangi jeruk untuk bahan campuran minuman. Pabrik-pabrik ini kebanyakn berdiri di Spanyol, selain itu kulit buah jeruk juga dipergunakan dalam pembuatan minyak wangi, sabun wangi, dan campuran alam pembuatan kue-kue. Bahkan dari penyelidikan para ahli, limbah jeruk yang terdiri dari kulit luar, kulit dalam, dan biji jeruk, apat diolah menjadi gula tetes, alcohol, minyak, dan makanan ternak.

Jadi, manfaat jeruk nipis atau jeruk-jeruk yang lainnya sangat banyak manfaatnya bagi tubuh kita., terutama untuk menjaga pertahanan tubuh supaya prima.

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

Pecinta Tanaman - 7:34 AM

Khasiat Alpukat Untuk Perawatan Wajah dan Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Buah alpukat menjadi salah satu buah terpaforit, jika disajikan dalam bentuk juice. Menurut para ahli kesehatan, buah alpukat (baik daging, biji maupun daun) mempunyai banyak kandungan vitamin yang diperlukan oleh tubuh kita. 

khasiat alpukat, manfaat alpukat, khasiat alpukat untuk berbagai macam penyakit, khasiat alpukat untuk keshatan, khasiat alpukat untuk kecantikan wajah

Diantaranya daging buah alpukat dapat membangun kulit muka yang sudah tampak lesu dan dapat memperkuat kulit serta mempertahankannya dari keriput. Selain menjaga kulit agar tampak segar, buah alpukat juga dapat mencegah penyakit sariawan.

Selain daging buah alpukat, daun dan bijinya dapat digunakan sebagai obat tradisional yang diyakini mampu mengobati berbagai gejala penyakit, diantaranya; kencing manis, kencing batu, sakit gigi, darah tinggi, nyeri lambung, dan lain-lain.


Di bawah ini ada beberapa contoh khasiat alpukat untuk mengobati berbagai macam penyakit berikut cara pemakaiannya:

1.    Sariawan
Sebuah isi alpukat yang sudah masak diberi 2 sendok makan madu murni, diaduk merata lalu dimakan. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

2.    Kencing batu
Empat lembar daun alpukat, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula enau, dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin isaring lalu diminum. Sehari 3 x ¾ gelas.

3.    Darah tinggi
Tiga lembar daun alpukat dicuci bersih lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Stelah dingin diminum sekaligus.

4.    Kulit muka kering
Buah diambil isinya lalu lumatkan sampai seperti bubur. Dipakai untuk masker, dengan cara memoles muka yang kering. Muka dibasuh dengan air setelah lapisan masker alpukat tersebut mongering.

5.    Sakit gigi berlubang
Lubang pada gigi diberikan bubuk biji alpukat.

6.    Bengkaka karena peradangan
Bubuk dari biji securkupnya ditambah sedikit air sampai menjadi adonan sepeti bubur, balurkan ke bagian tubuh yang sakit.

7.    Kencing manis
Biji dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil dengan golok, kemudian digodok dengan air bersih sampai airnya menjadi cokelat. Saring dan minum setelah dingin.

8.    Teh  dan alpukat baik untuk menghilangkan rasa sakit kepala, nyeri lambung, bengkak pada saluran napas, rasa nyeri syaraf (neuralgia) dan datang haid tidak teratur.


Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

Pecinta Tanaman - 7:03 AM