;

Translate

Monday, February 3, 2014

Jenis jenis dan Klasifikasi Tanaman Lidah Buaya

Monday, February 3, 2014

Sebelum kita membahas jenis atau klasifikasi tanaman lidah buaya terlebih dahulu kita ketahui apa saja bagian dari tanaman lidah buaya tersebut. Bagian dari tanaman lidah buaya terdiri atas akar, batang, daun, dan bunga. 

jeni jenis lidah buaya, klasifikasi lidah buaya, fungsi lidah buaya, manfaat lidah buaya, tanaman lidah buaya

Bagian bagian Tanaman Lidah Buaya

Akar lidah buaya berjenis serabut dan tumbuh ke samping sepanjang 30-40 cm. Akar tersebut keluar dari batang yang tertimbun tanah. Tinggi tanaman lidah buaya bervariasi, sesuai dengan jenis dan bentuk batangnya. Waktu muda, batang lidah buaya tidak terlihat karena tertutup oleh daun yang tumbuh dengan rapat. Akan tetapi, setelah pelepahnya dipanen beberapa kali, maka batang tanaman ini akan terlihat dengan jelas.

Daun lidah buaya mempunyai panjang yang bervariasi. Daun lidah buaya banyak mengandung air. Oleh karena itu, tanaman lidah buaya tergolong jenis tanaman sukulen. Bunga lidah buaya tersusun melingkar di ujung tangkainya yang menjulang vertikal. Warna bunga lidah buaya bervariasi, ada yang kuning, ungu, dan merah tua.

Di seluruh dunia, diperkirakan ada lebih dari 350 jenis lidah buaya yang termasuk ke dalam suku Liliaceae. Dan, tidak sedikit yang merupakan hasil dari persilangan. Ada tiga jenis lidah buaya yang dibudidayakan secara komersial di dunia, yaitu Aloe barbadensis miller, Aloe ferox miller, dan Aloe perry baker.

Dari ketiga jenis tanaman lidah buaya tersebut, yang paling banyak dimanfaatkan adalah spesies Aloe barbadensis miller karena mempunyai banyak keunggulan, yaitu tahan terhadap hama, memiliki ukuran besar (hingga 121 cm), memiliki berat per batang yang bisa mencapai 4 kg, mengandung 75 zat yang berguna, serta aman dikonsumsi. 

Dari ke 75 zat yang terkandung di dalam tanaman ini, di antaranya terdapat 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormone, dan zat golonan obat yang meliputi antibiotik, antiseptic, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiatherosclerosis, serta antivirus. Sehingga, tidak heran kalau bangsa Mesir kuno menyebutnya sebagai tanaman keabadian.

Apa Sih Tanaman Lidah Buaya itu....?

Lidah buaya atau Aloe barbadensis milleer merupakan sejenis tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di Benua Afrika. Tanaman lidah buaya telah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun yang lalu karena khasiat dan manfaatnya yang luar biasa

Dari fakta sejarah, disebutkan bahwa bangsa Mesir kuno telah mengetahui manfaat dari lidah buaya sejak tahun 1500 SM. Karena manfaat lidah buaya yang luar biasa, bangsa Mesir kuno pun menyebutnya sebagai tanaman keabadian. Tidak hanya itu, Dioscorides, seorang dokter dari zaman Yunani Kuno, menyebutkan lidah buaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Dari fakta sejarah, disebutkan bahwa Mesir kuno telah mengetahui manfaat dari lidah buaya sejak tahun 1500 SM. Karena manfaat lidah buaya yang luar biasa, bangsa Mesir kuno pun menyebutnya sebagai tanaman keabadian.

Menurut data dari sebuah penelitian, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris didunia dan mempunyai potensi guna dikembangkan menjadi tanaman obat sekaligus bahan baku pada indrustri kecantikan.

Tanaman yang banyak tumbuh di halaman rumah ini memiliki banyak kandungan zat yang dibutuhkan oleh tubuh guna melancarkan proses metabolism. Di Negara modern, hampir sebagian besar warganya mengetahui khasiat dan  manfaat dari tanaman yang satu ini, sehingga banyak yang menanamnya sebagai tanaman hias sekaligus antiseptic. Tentunya, cara seperti ini sangat baik untuk ditiru dan dikembangkan di dalam masyarakat kita.

Di Indonesia, lidah buaya dikenal sebagai bahan kosmetik untuk perawatan rambut. Padahal, kandunagn zat pada tanaman ini tidak sekedar untuk perawatan rambut, tetapi juga bermanfaat di dunia medis. Banyaknya manfaat yang terkandung di dalam tanaman ini menjadikan lidah buaya bernilai ekonomis tinggi. Sehingga, tidak heran bila para petani di Indonesia, khususnya di daerah Kalimantan Barat, menjadikannya sebagai lahan bisnis baru.

Untuk mengetahui manfaat apa saja dari tanaman lidah buaya ini, silahkan baca artikel sebelumnya yang ada di bawah ini (klik untuk membacanya)

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan

Manfaat lidah buaya dapat mengobati luka memar

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.



www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 9:18 AM