;

Translate

Sunday, February 2, 2014

Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Wajah dan Tubuh

Sunday, February 2, 2014

Manfaat Daun Sirih merah sudah tidak diragukan lagi bagi kesehatan manusia, sirih merah merupakan tumbuhan obat yang sangat besar manfaatnya. Daun sirih merah mengandung zat antiseptic pada seluruh bagiannya. Di India, sri lanka, dan Malaysia, tanaman ini dipakai guna mengatasi bau badan dan bau mulut, sariawan, mimisan, gatal-gatal dan koreng, serta keputihan pada wanita. 

khasiat daun sirih merah, khasiat daun sirih, manfaat daun sirih, manfaat daun sirih merah, manfaat sirih merah

Dalam farmakolog Cina, sirih merah dikenal sebagai tanaman yang memiliki sifat hangat dan pedas. Secara tradisional, mereka menggunkan daun sirih guna menghentikan batuk, mengurangi peradangan, dan menghilangkan gatal. Pada pengobatan tradisional di India, daun sirih dikenal sebagai zat aromatic yang menghangatkan, bersifat antiseptic, dan dapat meningkatkan gairah seks.

Khasiat dari daun sirih sudah banyak dikenal dan telah teruji secara klinis. Hingga kini, penelitian tentang tanaman ini masih terus dikembangkan. Dari hasil beberapa penelitian, dikatakan bahwa tumbuhan ini mengandung arecoline. Zat ini bermanfaat guna merangsang daya pikir, meningkatkan gerakan peristaltic, dan meredakan dengkuran. Daun sirih merah mengandung zat eugeunol yang mampu mencegah ejakulasi dini, membasni jamur candida albicans, dan bersifat analgesic (meredakan rasa nyeri).

Tidak hanya itu, kandungan tanin yang terdapat di dalamnya juga bermanfaat untuk mengurangi sekresi cairan pada vagina, melindungi fungsi hati, dan mencegah diare. 

Berikut ini adalah penjelsan mengenai beberapa manfaat sirih merah.


Obat keputihan

Daun sirih merah sering digunakan untuk mengurangi keputihan dan menjaga kebersihan organ kewanitaan. Hal tersebut terlihta dari banyaknya alat perawatan kesehatan organ kewanitaan yang berbahan utama daun sirih.

Obat jerawat

Dengan sifat antiseptiknya, daun sirih dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat pada muka dan luka bakar. Hal  ini bisa terjadi karena zat styptic yang terdapat pada sirih merah mampu menghentikan terjadinya pendarahan pada luka.

Obat bau mulut

Karvakrol merupakan zat yang bersifat disinfektan dan anti jamur, sehingga nisa digunakan sebagai antiseptic guna menghilangkan bau mulut. Seperti yang terkandung dalam beberapa produk penyegar bau mulut.

Obat penyakit kanker

Menurut penelitian dari beberapa ahli, senyawa alkaloid yang terdapat pada sirih merah dapat dimanfaatkan sebagai penghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Obat kencing manis

Sirih merah dapat digunakan sebagi obat guna menurunkan kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes apabila dikonsumsi secara rutin.

Obat sakit perut

Kandungan tanin yang terdapat pada sirih merah berfungsi sebagai penyembuh sakit perut,khususnya diare.

Obat penurun darah tinggi

Beberapa pengalaman yang terjadi di masyarakat menunjukan bahwa sirih merah dapat menurunkan penyakit darah tinggi. Selain itu, daun sirih juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit hepatitis.

Obat batuk

Karena memiliki kandungan zat yang sangat lengkap, tanaman sirih merah mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit, satu-satunya adalah batuk. Hal ini dapat dlakukan dengan cara meminum air hasil dari rebusan daun sirih secara rutin.

Obat herbal yang universal

Sirih merah dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit, seperti radang lever, radang prostat, radang mata, keputihan, mag, kanker payudara, nyeri sendi, dan penjaga stamina. Untuk mencegah hal-ha yang tidak diinginkan, sebaiknya sirih merah tidak dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil atau menyusui serta anak-anak dibawah umur 7 tahun.

Artikel lain yang dapat anda baca (klik untuk membacanya):

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.



www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 10:10 AM