;

Translate

Sunday, February 2, 2014

Manfaat Kaktus dan Khasiat Tanaman Kaktus

Sunday, February 2, 2014

Manfaat kaktus atau khasiat tanman kaktus belum banyak yang mengetahuinya, padahal kalu kita amati di dalam tanaman kaktus banyak zat-zat yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Berbagai jenis kaktus telah dimanfaatkan oleh manusia sebagi sumber pangan, salah satunya adalah opuntia. 


Manfaat kaktus, khasiat kaktus, manfaat tanaman kaktus


Spesies banyak dikultivasi untuk diambil buah dan batang mudanya. Buah opuntia banyak diolah menjadi selai, di Mexico sering disebut queso de tuna. Sementara itu, batang muda opuntia, yang dikenal sebagai napalitos, dapat digoreng, dikukus, atau diolah menjadi acar. Sekarang, opuntia juga dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik dan obat-obatan. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari tanaman kaktus:

Bahan dasar pembuat makanan

Kaktus jenis carnegiae gigantean dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuat tepung untuk membuat roti. Tidak hanya itu, akar dari kaktus jenis Echinocactus platycathus juga dapat diolah sebagai cairan gula untuk pembuatan permen.

Bahan bangunan

Bagian akar dari tanaman ini bersifat keras, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai kayu untuk bangunan. Tidak hanya itu, kaktus jenis pembuluh yang banyak mengandung lignin juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan.

Merawat kulit

Tanaman ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan lidah buaya, yaitu kandungan zat yang terdapat di dalamnya mampu menyembuhkan iritasi atau luka minor pada kulit. Kaktus juga bermanfaat untuk mengatasi gatal-gatal, alergi, dan luka akibat  gigitan serangga.

Obat Anti penuaan dini

Sebuah penelitian menunjukan bahwa kaktus dapat mambantu untuk menyembuhkan luka dalam pada tubuh, yaitu dengan cara menyingkirkan radikal bebas, sehingga dapat menambah kekebalan tubuh. Dan , kaktus pir berduri berpotensi sebagai obat herbal guna memperlambat penuaan dan membantu menjaga fungsi organ tubuh agar bekerja secara maksimal.

Obat untuk penyakit diabetes

Menurut jurnal Ethnopharmacology and Diabtes care, bagian ppih dari kaktus dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Sedangkan, riset dari Universitas Arizona dalam meneliti kandungan pektin pada kaktus menghasilkan fakta bahwa zat tersebut efektif dalam menurunkan tingkat kolesterol LDL serta membantu tubuh dalam menstabilkan kadar glukosa darah.

Bahan pemurni air

Di balik durinya yang tajam dan penampilannya yang bersahaja, ternyata kaktus merupakan tanaman yang sangat bermanfaat. Salah satu manfaat kaktus adalah untuk memurnikan air, seperti yang dilakukan oleh penduduk Amerika Latin sejak zaman dahulu, yaitu dengan cara merebus daun kktus guna memurnkan air sungai yang kotor sebelum diolah menjadi air minum.

Pengisap racun

Menurut Norma, zat mucilage yang terdapat pada kaktus mempu mebersihkan air dari racun jenis arsenic. Racun arsenic merupakan jenis racun yang dapat menyebabkan kaner pada tubuh manusia. Bukan itu saja, mucilago juga dapat membunuh bekteri didalam air minum.


Obat penghalus kulit dan pencegah jerawat

Kandungan vitamin C yang terdapat pada kaktus mencapai 9,4 mg, sehingga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kehalusan ,kulit dan mencegah jerawat. Selain itu, khasiat dari tanaman kaktus yang lainnya adalah untuk menambah darah, mencegah demam, menambah selera makan, dan menurunkan kadar kolesterol.

Artikel lain yang dapat anda baca (klik untuk membacanya) :

Manfaat dan khasiat pisang kelutuk dapat mengobati maag

Manfaat buah Sirsak

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 11:39 AM