Home » » Khasiat Dan Manfaat Asam Jawa Untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Khasiat Dan Manfaat Asam Jawa Untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Asam Jawa salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh manusia, banyak para produsen obat-obat tradisional yang memanfaatkan tanaman asam jawa untuk pembuatan obat herbal.

Manfaat asam jawa, khasiat asam jawa, asam jawa, manfaat daun asam jawa, khasiat daun asam jawa, kandungan asam jawa, manfaat asem jawa, manfaat asam jawa untuk wajah





Ada beberapa manfaat asam jawa yang mungkin sebelumnya belum kita ketahui, apa saja khasiat dan manfaat itu? kita akan bahas satu persatu dibawah nanti. Sebelum kita membahas khasiat dan manfaat asam jawa lebih jauh, sebelumnya kita harus mengetahui apa saja kandungan yang terdapat di dalam asam jawa tersebut.

Berikut adalah kandungan buah asam jawa yang masak di pohon:


  1. kalori sebesar 239 kal per 100 gram
  2. protein 2,8 gran per 100 gram,
  3. lemak 0,9 gram per 100 gram,
  4. hidrat arang 62,5 gram per 100 gram,
  5. kalsium 74 miligram per 100 gram,
  6. fosfor 113 miligram per 100 gram,
  7. zat besi 0,6 miligram per 100 gram,
  8. vitamin B1 0,34 miligram per 100 gram, serta
  9. vitamin C sebesar 2 miligram per 100 gram.

Sedangkan, pada biji dan kulit biji asam jawa terkandung zat phlobatannnin dan albuminoid yang bermanfaat bagi kesehatan. Sementara, daun asam jawa mengandung bahan steroid yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit diabetes. 

Tidak hanya itu, daun tumbuhan ini juga berfungsi sebagai obat antiradang, membantu mengeluarkan keringat, dan mengatasi insomnia. 

Biasanya, asam jawa tumbuh di daerah tropis dan termasuk tumbuhan berpolong. Batang pohonya yang kokoh serta memiliki daun yang rindang merupakan ciri utama pada tumbuhan ini. 

Menurut berbagai penelitian, tumbuhan ini memiliki berbagai kandungan zat, yang tentunya bermanfaat bagi manusia. 

Berikut adalah beberapa khasiat dan manfaat asam jawa 

Bahan dasar produk makanan

Daging dari buah asam jawa yang banyak mengandung vitamin B dapat digunakan sebagai sirup,permen, serta aneka masakan atau bumbu.

Penghilang jerawat

Kandungan zat asam serta antibiotik yang terdapat pada buah asam jawa sangat baik untuk perawatan kulit, terutama untuk mengatasi jerawat.Guna mendapatkan manfaat tersebut, caranya adalah tumbuk kunyit hingga halus, kemudian tambahkan asam jawa dan sedikit air. Setelah selesai, Anda dapat memakainya sebagai masker penghilang jerawat.

Obat herbal penyakit dalam

Senyawa stereoid yang terkandung di dalam tumbuhan ini dapat digunakan dalam pengobatan, di antaranya adalah untuk mengatasi penyakit jantung, pengatur haid, serta antiperadangan.

Obat herbal Perawatan rambut

Bagian dari tumbuhan asam jawa yang berfungsi sebagai obat herbal dalam perawatan rambut adalah biji buahnya. Biji asam mengandung zat steroid, yang bermanfaat bagi kulit kepala.

Penurun Kolesterol dalam tubuh

Daun asam jawa dapat digunakan sebagai obat penurun kadar kolesterol karena memiliki kandunagn zat kimia seperti saponin, flavonoid dan tanin yang terdapat pada tanaman asam jawa dapat meningkatkan degradasi atau peluruhan lemak melalui peningkatan metabolism dalam tubuh, sehingga terjadi proses pembakaran timbunan lemak.

Pelangsing Tubuh

Selain sebagai obat kolesterol, senyawa aktif dari flavonoid dan tanin yang memiliki sifat pembangkit enzim adalah dapat mendegradasikan lemak, sehingga mempunyai potensi sebagai obat pelangsing alami.

Obat Herbal alami yang universal

Khasiat lain dari tumbuhan asam jawa adalah untuk mengobati berbagai jenis penyakit, antara lain meliputi asma, batuk, demam, sakit panas, rematik, sakit perut, alergi, sariawan, luka baru, luka borok, eksim, bisul, bengkak akibat sengatan lipan atau lebah, serta gigitan ular berbisa.

Sumber Buku: Tanaman-Tanaman Hias Ajaib untuk Kecantikan dan Kesehatan, Penerbit: BUKUBIRU

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui google plus [g+] dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.