;

Translate

Thursday, April 3, 2014

Tanaman Murbei

Thursday, April 3, 2014

Tanaman murbei sering dibudidayakan dengan tujuan pemanfaatan daunnya untuk memenuhi kebutuhan pakan ulat sutera, namun lebih dari itu ternyata tanaman murbei ialah tanaman obat herbal yang dapat dijadikan berbagai jenis penyakit. Maka tidak heran apabila banyak yang memberikan julukan seribu manfaat pada tanaman murbei ini.

Murbei, tanaman murbei, teh murbei, manfaat murbei, khasiat murbei, tanaman obat
Tanaman murbei ini berkhasiat mengobati berbagai jenis penyakit seperti, jantung berdebar, sembelit, hepatitis, cacingan, radang mata merah, tekanan darah tinggi dan banyak lagi yang lainnya. Namun tidak sedikit orang yang belum mengenal tanaman ini.

Nah untuk itu supaya kita lebih mengetahui tentang jenis tanaman yang satu ini, di bawah ini kita akan mencoba membahas tanaman murbei lebih detail.

Botani Tanaman Murbei

Murbei berasal dari Cina yang mempunya sistematika sebagai berikut:
Division         : Spermatophyta
Sub-Divisio   : Angiospermae
Kelas           : Dicotyledoneae
Ordo             : urticalis
Famili            : Moraceae
Genus            : Morus sp.

Bentuk Tanaman

Tanaman murbei berbentuk atau berhabitat semak (perdu) yang tingginya sekitar 5 m-6 m.Tanaman murbei dapat juga berbentuk pohon yang tingginya dapat mencapai 20 m-25 m, bahkan untuk spesies Morus macroura dapat mencapai ketinggian sekitar 35 m.

Batang 

Batang tanaman murbei memiliki warna bermacam-macam, tergantung pada spesiesnya, yaitu hijau, hijau kecokelatan, dan hijau agak kelabu. Tanaman murbei memiliki percabangan banyak yang arahnya dapat tegal, mendatar, dan menggantung. Batang, cabang, dan ranting tanaman murbei tumbuh dari ketiak daun dan berbentuk bulat.

Daun

Tanaman murbei berdaun tunggal dan terletak pada cabang spiral. Tulang daun sebelah bawah tampak jelas. Bentuk dan ukuran daun bermacam-macam, tergantung pada jenis atau veraietasnya, yaitu berbentuk oval, agak bulat, bercangap, ada yang berlekuk, dan ada yang tidak berlekuk. Tepi daun bergerigi dan ujung daun meruncing atau membulat. Sedangkan permukaan daun ada yang halus mengkilap, ada yang agak kasab, dan ada yang kasab.

Bunga dan Buah

Bunga murbei mempunyai tipe seks berumah satu (monoecious) atau berumah dua (dioecious). Tanaman murbei memiliki bunga jantan dan bunga betina yang masing-masing tersusun dalam untaian yang  terpisah satu sama lain. Buah murbei merupakan buah majemuk yang berwarna hijau pada waktu masih muda, berwarna kuning kemerahan pada waktu agak tua. Selanjutnya, bunga akan  berwarna merah sampai ungu kehitaman jika telah tua.

Akar 

Murbei memiliki perakaran yang luas dan dalam. Tanaman murbei yang berasal dari stek, meskipun pada umunya tidak mempunyai akar tunggang, namun tampak ada akar yang tumbuh ke bawah yang mirip  dengan akar tunggang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa akar tanaman murbei pada umunya berkembang sampai pada kedalaman 10 cm-15 cm dari permukaan tanah. Akar tanaman murbei yang berumur tua dapat berkembang sampai kedalaman lebih dari 300 cm.

Sifat

Tanaman murbei tahan terhadap perlakuan pemangkasan. Tanaman murbei yang dipangkas dan dipelihara dengan baik akan tumbuh tunas-tunas baru (muda) yang berjumlah banyak dan tumbuh pesat serta dapat menghasilkan daun yang berwarna hijau segar. Daun-daun seperti inilah yang digunakan untuk makanan ulat sutera.

Sumber Buku : Budi daya MURBEI dan Usaha Persuteraan Alam, Penerbit : KANISUS
Sumber Gambar : http://id.wikipedia.org/wiki/Bebesaran

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

Daftar Isi 
Budidaya jamur        Budidaya jamur tiram    Cara budidaya jamur   Budidaya jamur       budidaya jamur        budidaya jamur       budidaya jamur        budidaya ajmur            budidaya jamur       budidaya jamur        budidaya jamur        budidaya jamur        hama tanaman mangga        penyakit tanaman mangga        hama mangga        penyakit mangga        budidaya tanaman mangga        penyakit pohon mangga


Budidaya Bawang Bombay dan Cara Menanam Bawang Bombay
Budidaya Bawang Bombay dan Cara Menanam Bawang Bombay
Budidaya Bawang Merah dan Cara Menanam Bawang Merah
Budidaya Bawang Merah dan Cara Menanam Bawang Merah
Budidaya Bawang Putih dan Cara Menanam Bawang Putih
Budidaya Bawang Putih dan Cara Menanam Bawang Putih

Budidaya Jagung dan Panduan Lengkap Cara Menanam
Budidaya Jamur Kayu: Media Tanam
Budidaya Kacang Panjang dan Cara Menanam
Budidaya Kentang budidaya tanaman Kentang dan Cara Menanam Kentang
Budidaya Kentang Pemberantasan Hama Kentang dan Jenis-jenis Kentang
Budidaya Sawi Putih dan Cara Menanam Sawi



www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 10:31 PM