;

Translate

Friday, September 19, 2014

Ciri ciri Tanaman Tomat Dan Jenis jenisnya

Friday, September 19, 2014

Sebelum Anda membaca ciri-ciri tanaman tomat di bawah ini, Anda pasti sudah mengenal yang namanya buah tomat? namun kalau kita melihat dari segi jenisnya tomat sebetulnya ada tiga jenis yang sering kita temui, yaitu : tomat buah, tomat sayur, dan tomat ceri. ketiga tomat tersebut sama-sama buah tomat namun yang membedakannya ukuran bentuk dan warnanya.

Untuk  tomat buah ciri cirinya : bentuk bulat penuh, kulit tebal, memiliki warna merah segar. Biasanya buah tomat suka dibuat jus atau rujak tomat. Tomat sayur : tomat sayur ukurannya lebih kecil dibanding dengan tomat buah, kulit tipis, warna kulitnya ada yang kuning dan ada yang merah, rasanya aga masam dibanding tomat buah. Tomat ceri : ukurannya kecil-kecil, ukuran buahnya sama seperti buah ceri, tomat ini biasanya dipakai untuk sambal atau selada.

ciri ciri tanaman tomat, ciri tanaman tomat, jenis jenis tomat, buah tomat


Ciri-ciri tanaman tomat

Batang tomat
Tomat termasuk jenis tanaman perdu semusim. Batangnya lemah dan basah. Tingginya bisa mencapai 0,5 sampai 2,5 meter. Batang tomat bisa tumbuh tegak, bisa pula bersandar pada tanaman lain. Cabangnya banyak, berambut, tebal pada buku-bukunya, dan memiliki bau yang sangat kuat dengan warna hijau keputihan.

Daun tomat
Tomat memiliki daun yang banyak. Bentuknya menyirip, ada yang bundar telur, ada pula yang memanjang. Ujung duan runcing, sementara pangkal daun membulat. Letak daun berselang-seling. Pada daun yang lebih muda, tepinya bergerigi. Panjang duan antara 10 cm sampai 40 cm. warnanya hijau muda. Daun muda bisa digunakan sebagai lalap.

Bunga tomat
Bunga tanaman tomat berbentuk bintang. Warnanay kuning dan memiliki tangkai. Bunga terkumpul dalam suatu rangkaian.

Buah tomat
Buah tomat berdaging, pada tomat apel kulitnya tebal, sedangkan pada tomat sayur kulitnya tipis. Permukaan buah licin dan mengkilap. Bentuknya ada yang bulat, ada pula yang lonjong. Ukurannya ada yang besar sebesar apel. Adapula yang kecil, sekecil kelereng. Buah ada yang berwarna merah, kuning, ada pula yang berwarna hijau, tergantung pada jenis tomat dna tingkat kematangannya. Bijinya banyak. Bentuknya kecil-kecil dan pipih dengan warna kuning kecoklatan.

Cara perkembangbiakkan tanaman tomat
Tanaman tomat berkembang biak dengan biji. Selain itu, bisa juga dikambangbiakkan dengan stek batang. Untuk stek batang, dipilih batang tanaman yang sudah tua. Tanaman tomat memiliki kekerabatan yang dekat dengan kentang dan tembakau. Tanaman tomat dapat ditemukan di dataran rendah maupun pegunungan.

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 9:38 PM