;

Translate

Thursday, January 23, 2014

Bambu Kuning Memiliki Manfaat dan Khasiat yang Luar Biasa

Thursday, January 23, 2014

Bambu Kuning sering kita jumpai di halaman rumah bagian depan maupun belakang sebagai penghias halaman tersebut sekaligus pagar pelapis setelah pagar besi, selain membawa kesan alami halaman yang ditanami bambu kuning terasa segar karena dapat menyaring polusi disekitar halaman tersebut.

Bambu Kuning, Manfaat Bambu Kuning, Khasiat Bambu Kuning, Daun Bambu Kuning

Bambu kuning ini banyak sekali peminatnya karena memiliki daya tarik dari segi warna dan bentuknya yang sangat menarik, maka tanaman yang satu ini digolong pada jenis tanaman hias juga. Namun dibalik keindahan dan keunikan itu semua bambu kuning memilki manfaat dan khasiat yang luar biasa besarnya bagi tubuh manusia.

Pada tekhnik pengobatan Cina, bambu sering sekali untuk mengobati dan menyembuhkan infeksi. Bambu mengandung sumber potassium yang rendah kalori serta memiliki rasa manis yang terkenal sebagai sumber protein dan nutrisi yang baik bagi tubuh. 

Di Ayurveda, yaitu sebuah system pengobatan tradisional di India, konkresi silicious dapat ditemukan pada batang bambu yang disebut blanslochan. Pada system pengobatan Indo Persia, blanslochan terkenal sebagai tabashir atau tashwir. Dikatakan bahwa konkresi ini dapat menjdi obat penguat pada penyakit pernapasan.

Tidak hanya itu, khasiat lain yang terkandung dalam bambu kuning adalah dapat digunakan sebagi bahan baku dalam pembuatan produk kosmetik dan obat-obatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bambu kuning.

Manfaat dan Khasiat Bambu Kuning

Makanan Vegetarian

Selain berfungsi sebagai tanaman hias, banyak masyarakat yang memanfaatkan tanaman ini sebagai  makanan tambahan, semisal rebungnya sering dijadikan sayuran.

Obat penyakit Lever dan asam urat

Bambu kuning memiliki kandungan zat flavonoid, yang berfungsi sebagai obat penyakit lever. Menurut sinse Mochamad yusuf, ahli pengobatan Cina di Sukabumi, jawa barat, daun bambu yang ada di Indonesia dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai obat untuk meredakan asam urat. 

Denagn sering mengkonsumsi daun bambu, maka akadar asam yang terdapat di dalam tubuh menurun, dikarenakan kandungan zat pada daun bambunya yang kaya flavon. Selain sebagai salah satu sumber antioksidan, flavon juga berperan dalam menghambat oksidasi xantin menjadi asam urat.

Pereda batuk

Dalam kitab Ming Yi Bie Lu (catatan dokter Ternama), manfaat dari daun bambau adalah untuk meluruhkan dahak, meredakan batuk, dan mengatasi susah napas. Khasiat lain dari bambu adalah menetralkan racun dalam tubuh. Di Cina, ekstrak dari daun bambu juga dimanfaatkan sebagai obat untuk melindungi jantung.

Mengatasi keputihan

Air yang dihasilkan dari bambu eul-eulmengandung mineral dan oksigen yang berkadar tinggi, sehingga sangat membantu bagi kaum wanita dalam menghilangkan keputihan.

Penghilang lemak dan kolesterol

Tanaman bambu banyak mengandung air mineral sehingga dapat digunakan untuk pengobatan alternative guna menghilangkan lemak dan kolesterol dalam tubuh.

Selain bambu kuning yang memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa bagi tubuh manusia, banyak lagi tanaman-tanaman yang tumbuh disekitar kita dengan segudang manfaat dan khasiat, diantaranya:


Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

Sumber Buku: Tanaman-Tanaman Hias Ajaib untuk Kecantikan dan Kesehatan, Penerbit : BUKUBIRU

Pecinta Tanaman - 10:52 AM

Monday, January 6, 2014

Manfaat Tanaman Lidah Buaya dan Khasiatnya Untuk Kecantikan

Monday, January 6, 2014

Sebelumnya saya sudah posting di blog ini manfaat lidah buaya yang dapat mengobati luka memar, namun pada postingan kali ini saya akan coba memaparkan manfaat dan khasiat lidah buaya yang lebih banyak lagi bagi tubuh kita.

Manfaat Lidah Buaya, Khasiat lidah buaya, lidah buaya, tanaman lidah buaya, manfaat lidah buaya untuk kecantikan
Bagi sebagian orang banyak menilai manfaat lidah buaya ini hanya untuk perawatan kulit kepala saja, padahal dibalik manfaat dan khasiat lidah buaya itu bisa lebih daripada itu. Nah supaya kita tau  zat apa saja yang terkandung pada lidah buaya, kita bisa lihat penjelasannya di bawah ini.


Zat Yang Terkandung Pada Lidah Buaya

Lidah buaya tergolong dalam suku Liliaceae. Tumbuhan ini menyerupai kaktus, daunnya meruncing berbentuk taji, bagian dalamnay bening serta bersifat getas. Eksudat (getah) dari tanaman ini rasanya pahit, tetapi kaya akan manfaat. Semua bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan, baik untuk perawatan tubuh maupun mengobati berbagai penyakit.

Lendir dari lidah buaya (gel) mengandung berbagai mineral, misalnya zat anorganik, seperti kalsium, potassium, sodium, choline, magnesium, zinc, copper, chromium, serat beberapa vitamin B1, B2, niacinamide, B6, folic acid, dan vitamin C. Zat-zat ini sangat berguna untuk pertumbuhan tulang, pembentukan jaringan, pengaturan metabolism dalam tubuh, serta pengaturan gerak saraf. Di samping itu, lidah buaya juga mengandung glukosa, mannose, aldonentose, L-rahmnose, dan beberapa enzim.

Manfaat Dan Khasiat Lidah Buaya

Berdasarkan hasil penelitian yang ada, manfaat yang bisa diambil dari lidah buaya sangat banyak. Sebab, tumbuhan ini mengandung asam amino, mineral, vitamin, polisaklarida, serta komponen lain yang bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan. Lidah buaya bermanfaat sebagai  antiinflamasi, antijamur, antibakteri, dan membantu proses regenerasi sel.

Lidah buaya menagndung semua jenis vitamin,  kecuali  D. tanaman ini juga mengandung mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, yaitu saponin,  yang berfungsi sebagai antimikroba. Dan, berikut ini adalah berbagai manfaat lidah buaya dan khasiatnya bagi kecantikan dan kesehatan.

Menghaluskan dan melembabakan kulit

Lidah buaya dapat melembabkan kulit. Khasiat ini sudah dikenal sejak zaman Cleopatra. Tidak heran, hampir 70% produk kosmetik yang beredar di pasaran mengandung gel lidah buaya.  Kandungan lignin yang terdapat di dalam gel mampu melindungi kulit dari dehidrasi dan menjaga kelembapannya.

Penghilang Jerawat

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan astringen, sehingga baik untuk mencegah dan mengobati jerawat. Selain itu, lidah buaya juga mengandung vitamin A dan E yang baik bagi kesehatan kulit.

Mengatasi radang kulit

Guna mengatasi radang kulit yang diakibatkan  sinar X, banyak ahli yang mengandalkan cairan (gel) yang diambil dari daging daun lidah buaya.


Penyubur rambut dan penghilang ketombe

Lidah buaya berkhasiat untuk mengaktifkan pertumbuhan rambut. Lidah buaya juga membantu membersihkan pori-pori dan membuat pH kulit kepala menjdi seimbang, sehingga bebas dari gangguan ketombe. Manfaat tersebut dapat diperoleh dari kandungan glikoprotein yang ada di dalam lidah buaya.

Menjaga kelembapan Rambut secara alami

Folikel (kantong kelenjar) rambut membutuhkan vitamin yang dapat dipenuhi oleh lidah buaya. Sebab, lidah buaya mengandung lebih dari 20 mineral dan vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan E, sehingga dapat menjaga keambaban kulit kepala dan folikel rambut.

Sebagai antiseptic dan antibiotik alami

Kandungan saponim di dalam lidah buaya mempunyai kemampuan dalam membunuh kuman dan senyawa antrakuinon. Zat ini juga mampu merangsang terbentuknya sel baru pada kulit.

Memperlambat Kerja virus HIV

Manfaat lain dari gel lidah buaya adalah membantu system pertahanan tubuh. Diperkirakan, zat ini bisa mengahmbat kerja virus HIV dan menambah kekebalan tubuh penderita AIDS.
Manfaat  lain dari gel lidah buaya adalah membantu system pertahanan tubuh. Diperkirakan, zat ini bisa mengahmbat kerja virus HIV dan menambah kekebalan tubuh penderita AIDS.

Menurunkan kadar gula

Lidah buaya memiliki manfaat dalam menurunkan kadar gula di dalam darah. Menurut para ahli, denagn mengkonsumsi setengah sendok jus lidah buaya selama 14 minggu, maka hasilnya adalah dapat mengurangi kadar gua darah sebesar 45 persen.

Mengurangi gangguan pencernaan

Menurut pakar dari IPB, Ir. Sutrisno koswara, mengkonsumsi lidah buaya dapat membantu memperlancar sisitem pencernaan. Hal ini bisa terjadi dikarenakan lidah buaya mengandung zat aloemoedin dan aloebarbadiod, senyawa yang termasuk ke dalam golongan antrakuinon.

Sebagai makanan Kesehatan

Banyaknya manfaat dari lidah buaya menjadikan para produsen makanan tertarik guna mengolahnya mejadi bahan baku makanan. Hal tersebut terbukti dengan beragamnya produk makanan dari lidah buaya di pasaran, mulai yang dijual segar, dibuat manisan, jus, serbuk sampai gel.

Menjaga Kesehatan Mulut dan Mengobati Luka Bakar

Lidah buaya sangat bermanfaat guna mengatasi masalah pada mulut dan gusi, terutama dalam meperbaiki gusi yang memburuk. Selain itu, gel lidah buaya juga dapat menyembuahkan dan meperbaiki kulit yang terkena luka bakar ringan, termasuk akibat dari paparan sinar matahari.

Sumber Buku: Tanaman-Tanaman Hias Ajaib untuk Kecantikan dan Kesehatan, Penerbit BUKUBIRU

Di blog ini Anda juga bisa membaca manfaat dan khasiat tanaman lain seperti:

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

Pecinta Tanaman - 11:08 AM