;

Translate

Wednesday, February 5, 2014

Resep Obat Hipertensi Tradisional dan Alami

Wednesday, February 5, 2014

Resep Obat Hipertensi Tradisional dan Alami ternyata sangat murah dan mudah didapat disekitar lingkungan rumah kita. Sebetulnya resep obat hipertensi ini berawal dari keingintahuan saya terhadap kebiasaan ibu saya yang serig mengkonsumsi bawang putih.

Obat Hipertensi, obat hipertensi tradisional, obat hipertensi alami, hipertensi

Ibu saya memang penderita hipertensi yang bisa dibilang cukup parah, namun setelah beberapa tahun belakangan ini Alhamdlillah sudah mulai membaik dan bisa dikatakan 85% kepulihannya dari tahun-tahun sebelumnya,.

Berdasarkan kejadian itu saya mulai mencari informasi tentang khasiat dan manfaat bawang putih dari berbagai sumber (Buku, Majalah dan Internet). Bumbu dapur yang satu ini memang luar biasa, karena memiliki kandungan zat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Di bawah ini saya coba berbagi resep obat hipertensi tradisional dan alami yang saya temukan di majalah trubus edisi mei tahun 2000, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. (Silahkan lanjutkan membacanya ya...)

Dapur anda sebenarnya menyimpan sayuran untuk mengobati tekanan darah tinggi. Tidak hanya bawang putih, seledri dan mentimun pun merupakan sayuran yang sangat bagus apabila dikonsumsi untuk penderita hipertensi.

Dari ketiga komoditas itu bisa dibuat dua jenis resep. Jika ditambah pule pandak, kumis kucing, dan meniran. Jika anda sering sakit kepala, jantung berdebar-debar, tengkuk terasa kaku, lesu, atau emosional, mungkin hipertensi biang keladinya.

Penyakit yang menyerang pada umur setengah baya ini belum diketahui secara pasti penyebabnya. para ahli memperkirakan pemicunya, antara lain factor keturunan, ketegangan pikiran, rokok dan makan berlebihan, dan minuman beralkohol.

Apapun penyebabnya, penderita hipertensi perlu perawatan rutin. Jika tidak, pembuluh darah otak mungkin saja tidak tahan menahan tekanan darah tinggi yang terlalu tinggi. Akibatnya stroke. Tekanan darah normal ialah120 mm Hg (systole/atas) dan 80 mm Hg (diastole/bawah).

Seandainya systole 150 mm Hg-180 mm Hg dan diastole 90 mm Hg-100 mm Hg, kategorinya hipertensi ringan. Pada hipertensi sedang, tekanan sisitole 185 mm Hg-210 mm Hg dan diastole 110 mm Hg-130 mm Hg.Hipertensi berat bila sisitole lebih dari 210 mm Hg dan diastole lebih dari 130 mm Hg.

Ada beberapa penderita hipertensi yang datang ke SP3T RS. Bethesda. Kepada mereka diberikan resep berbeda, , sesuai kondisi hipertensinya (ada 3 resep yang bisa dipilih).Hasilnya, dalam waktu seminggu tensi sudah turun, kecuali yang kurang ketat mengatur dietnya. Ada juga yang sembuhnya agak lama lantaran ada tendesi factor keturunan dan kegemukan.

Pantangan dan Anjuran Bagi Penderita Hipertensi

Kemanjuran 3 ramuan tersebut sangat dipengaruhi ketelatenan mematuhi diet. Penderita hipertensi jangan merokok, minum-minuman beralkohol, kopi, dan teh kental. Jangan makan durian dan daging kambing.

Batasi mengkonsumsi telur, daging, garam, kecap asin, tauco, dan ikan asin. Jangan bekerja terlalu berat. Para penderita dianjurkan menenangkan pikiran. Perbanyak makan sawi, labu air, mentimun, tomat, seledri dan lobak. Buah yang perlu dijadikan menu harian, antara lain belimbing manis, papaya, jeruk manis, pisang, dan semangka.

3 Resep Obat Hipertensi Alami

Resep 1

  • 2 siung bawang putih
  • 10 lembar daun seledri

Bawang putih dikupas dan dicuci. Seledri beserta tangkainya juga dicuci. Kedua bahan itu digilng atau ditumbuk bersama-sama sampai lembut seduh dengan air panas sebanyak ½ gelas. Tutup rapat, kalau airnya sudah dingin, peras dan saring. Minumlah air saringan itu dua kali sehari ½ gelas.

Buat ramuan baru setiap kali mau minum karena ramuan itu tidak tahan lama.Minum 3 hari berturut-turut, kemudian control tensinya.kalau sudah normal, hentika selama 1 hari, selanjutnya minum lagi 1 kali sehari selama 5 hari.meminum ramuan ini terus menerus bisa menurunkan tensi terlalu drastic, sehingga badan menjadi lemas.

Resep 2

  • 2 mentimun setengah tua yang panjangnya sejengkal
  • 3 siung bawang putih tua

Mentimun dikupas, dicuci, dan diparut. Bawang putih juga dikupas, dicuci, dan diparut. Tambahkan ½ gelas air dingin. Campur semuanya, peras dan saring. Untuk penderita dengan tensi di atas 200 mm Hg, Minum 3 kali sehari ½ gelas. Frekuensi minum 3 hari berturut-turut, kemudian control dahulu tensinya. Bila sudah normal, hentikan sehari. Setelah itu minum lagi 1 kali sehari. Setelah itu minum lagi 1 kali sehari ½ gelas. Jika belum normal, pengobatan bisa dilanjutkan sampai seminggu.

Resep 3

  • 2 jari tangan akar pule pandak
  • 2 pohon meniran cabut dengan akarnya
  • 15 lembar daun kumis kucing

Akar pule pendak dicuci dan dipotong kecil-kecil. Pohon meniran dan daun kumis kucing juga dicuci, ketiga bahan itu dimasukkan ke dalam air bersih sebanyak 4 gelas. Rebus sampai tersisa 3 gelas. Cara minumnya sama dengan resep nomor 2.


Khasiat Para Penangkal Hipertensi

Bawang putih:

Mengandung sativine, senyawa kimia yang bisa mempercepat pertumbuhan sel dan merngsang susunan syaraf (berbahaya bagi anak kecil). Kandungan lain ialah alicine, senyawa yang bersifat antibiotik . Bawang putih pun mengandung saponin, sinistrin, nicotinic acid, flavonoida, diallydisulfide, vitamin A,B,C,D. Khasiatnya, antara lain untuk hipertensi, antibiotik, ekspektoran, luka gigitan serangga, diuretic, dan disentri.

Seledri:

Mengandung polifenol, flavonoida, dan saponin. Khasiatnya untuk mengobati hipertensi, menghilangkan rasa mual. Bonggol/akarnya untuk rematik.

Pule pandak:

Mengandung alkaloida, saponin, polifenol, dan serpentine. Khasitnya untuk hipertensi dan muntaber.
Sumber: Majalah Trubus No. 366 EDISI Mei 2000

Artikel lain seputar khasiat dan manfaat tanaman untuk kesehatan yang bisa anda baca antara lain (klik untuk membacanya) :

Khasiat dan Mnafaat Bawang Bombay
Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan
Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

Pecinta Tanaman - 8:15 PM

Monday, February 3, 2014

Jenis jenis dan Klasifikasi Tanaman Lidah Buaya

Monday, February 3, 2014

Sebelum kita membahas jenis atau klasifikasi tanaman lidah buaya terlebih dahulu kita ketahui apa saja bagian dari tanaman lidah buaya tersebut. Bagian dari tanaman lidah buaya terdiri atas akar, batang, daun, dan bunga. 

jeni jenis lidah buaya, klasifikasi lidah buaya, fungsi lidah buaya, manfaat lidah buaya, tanaman lidah buaya

Bagian bagian Tanaman Lidah Buaya

Akar lidah buaya berjenis serabut dan tumbuh ke samping sepanjang 30-40 cm. Akar tersebut keluar dari batang yang tertimbun tanah. Tinggi tanaman lidah buaya bervariasi, sesuai dengan jenis dan bentuk batangnya. Waktu muda, batang lidah buaya tidak terlihat karena tertutup oleh daun yang tumbuh dengan rapat. Akan tetapi, setelah pelepahnya dipanen beberapa kali, maka batang tanaman ini akan terlihat dengan jelas.

Daun lidah buaya mempunyai panjang yang bervariasi. Daun lidah buaya banyak mengandung air. Oleh karena itu, tanaman lidah buaya tergolong jenis tanaman sukulen. Bunga lidah buaya tersusun melingkar di ujung tangkainya yang menjulang vertikal. Warna bunga lidah buaya bervariasi, ada yang kuning, ungu, dan merah tua.

Di seluruh dunia, diperkirakan ada lebih dari 350 jenis lidah buaya yang termasuk ke dalam suku Liliaceae. Dan, tidak sedikit yang merupakan hasil dari persilangan. Ada tiga jenis lidah buaya yang dibudidayakan secara komersial di dunia, yaitu Aloe barbadensis miller, Aloe ferox miller, dan Aloe perry baker.

Dari ketiga jenis tanaman lidah buaya tersebut, yang paling banyak dimanfaatkan adalah spesies Aloe barbadensis miller karena mempunyai banyak keunggulan, yaitu tahan terhadap hama, memiliki ukuran besar (hingga 121 cm), memiliki berat per batang yang bisa mencapai 4 kg, mengandung 75 zat yang berguna, serta aman dikonsumsi. 

Dari ke 75 zat yang terkandung di dalam tanaman ini, di antaranya terdapat 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormone, dan zat golonan obat yang meliputi antibiotik, antiseptic, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiatherosclerosis, serta antivirus. Sehingga, tidak heran kalau bangsa Mesir kuno menyebutnya sebagai tanaman keabadian.

Apa Sih Tanaman Lidah Buaya itu....?

Lidah buaya atau Aloe barbadensis milleer merupakan sejenis tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di Benua Afrika. Tanaman lidah buaya telah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun yang lalu karena khasiat dan manfaatnya yang luar biasa

Dari fakta sejarah, disebutkan bahwa bangsa Mesir kuno telah mengetahui manfaat dari lidah buaya sejak tahun 1500 SM. Karena manfaat lidah buaya yang luar biasa, bangsa Mesir kuno pun menyebutnya sebagai tanaman keabadian. Tidak hanya itu, Dioscorides, seorang dokter dari zaman Yunani Kuno, menyebutkan lidah buaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Dari fakta sejarah, disebutkan bahwa Mesir kuno telah mengetahui manfaat dari lidah buaya sejak tahun 1500 SM. Karena manfaat lidah buaya yang luar biasa, bangsa Mesir kuno pun menyebutnya sebagai tanaman keabadian.

Menurut data dari sebuah penelitian, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris didunia dan mempunyai potensi guna dikembangkan menjadi tanaman obat sekaligus bahan baku pada indrustri kecantikan.

Tanaman yang banyak tumbuh di halaman rumah ini memiliki banyak kandungan zat yang dibutuhkan oleh tubuh guna melancarkan proses metabolism. Di Negara modern, hampir sebagian besar warganya mengetahui khasiat dan  manfaat dari tanaman yang satu ini, sehingga banyak yang menanamnya sebagai tanaman hias sekaligus antiseptic. Tentunya, cara seperti ini sangat baik untuk ditiru dan dikembangkan di dalam masyarakat kita.

Di Indonesia, lidah buaya dikenal sebagai bahan kosmetik untuk perawatan rambut. Padahal, kandunagn zat pada tanaman ini tidak sekedar untuk perawatan rambut, tetapi juga bermanfaat di dunia medis. Banyaknya manfaat yang terkandung di dalam tanaman ini menjadikan lidah buaya bernilai ekonomis tinggi. Sehingga, tidak heran bila para petani di Indonesia, khususnya di daerah Kalimantan Barat, menjadikannya sebagai lahan bisnis baru.

Untuk mengetahui manfaat apa saja dari tanaman lidah buaya ini, silahkan baca artikel sebelumnya yang ada di bawah ini (klik untuk membacanya)

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan

Manfaat lidah buaya dapat mengobati luka memar

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

Pecinta Tanaman - 9:18 AM

Sunday, February 2, 2014

Manfaat Kaktus dan Khasiat Tanaman Kaktus

Sunday, February 2, 2014

Manfaat kaktus atau khasiat tanman kaktus belum banyak yang mengetahuinya, padahal kalu kita amati di dalam tanaman kaktus banyak zat-zat yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Berbagai jenis kaktus telah dimanfaatkan oleh manusia sebagi sumber pangan, salah satunya adalah opuntia. 


Manfaat kaktus, khasiat kaktus, manfaat tanaman kaktus


Spesies banyak dikultivasi untuk diambil buah dan batang mudanya. Buah opuntia banyak diolah menjadi selai, di Mexico sering disebut queso de tuna. Sementara itu, batang muda opuntia, yang dikenal sebagai napalitos, dapat digoreng, dikukus, atau diolah menjadi acar. Sekarang, opuntia juga dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik dan obat-obatan. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari tanaman kaktus:

Bahan dasar pembuat makanan

Kaktus jenis carnegiae gigantean dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuat tepung untuk membuat roti. Tidak hanya itu, akar dari kaktus jenis Echinocactus platycathus juga dapat diolah sebagai cairan gula untuk pembuatan permen.

Bahan bangunan

Bagian akar dari tanaman ini bersifat keras, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai kayu untuk bangunan. Tidak hanya itu, kaktus jenis pembuluh yang banyak mengandung lignin juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan.

Merawat kulit

Tanaman ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan lidah buaya, yaitu kandungan zat yang terdapat di dalamnya mampu menyembuhkan iritasi atau luka minor pada kulit. Kaktus juga bermanfaat untuk mengatasi gatal-gatal, alergi, dan luka akibat  gigitan serangga.

Obat Anti penuaan dini

Sebuah penelitian menunjukan bahwa kaktus dapat mambantu untuk menyembuhkan luka dalam pada tubuh, yaitu dengan cara menyingkirkan radikal bebas, sehingga dapat menambah kekebalan tubuh. Dan , kaktus pir berduri berpotensi sebagai obat herbal guna memperlambat penuaan dan membantu menjaga fungsi organ tubuh agar bekerja secara maksimal.

Obat untuk penyakit diabetes

Menurut jurnal Ethnopharmacology and Diabtes care, bagian ppih dari kaktus dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Sedangkan, riset dari Universitas Arizona dalam meneliti kandungan pektin pada kaktus menghasilkan fakta bahwa zat tersebut efektif dalam menurunkan tingkat kolesterol LDL serta membantu tubuh dalam menstabilkan kadar glukosa darah.

Bahan pemurni air

Di balik durinya yang tajam dan penampilannya yang bersahaja, ternyata kaktus merupakan tanaman yang sangat bermanfaat. Salah satu manfaat kaktus adalah untuk memurnikan air, seperti yang dilakukan oleh penduduk Amerika Latin sejak zaman dahulu, yaitu dengan cara merebus daun kktus guna memurnkan air sungai yang kotor sebelum diolah menjadi air minum.

Pengisap racun

Menurut Norma, zat mucilage yang terdapat pada kaktus mempu mebersihkan air dari racun jenis arsenic. Racun arsenic merupakan jenis racun yang dapat menyebabkan kaner pada tubuh manusia. Bukan itu saja, mucilago juga dapat membunuh bekteri didalam air minum.


Obat penghalus kulit dan pencegah jerawat

Kandungan vitamin C yang terdapat pada kaktus mencapai 9,4 mg, sehingga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kehalusan ,kulit dan mencegah jerawat. Selain itu, khasiat dari tanaman kaktus yang lainnya adalah untuk menambah darah, mencegah demam, menambah selera makan, dan menurunkan kadar kolesterol.

Artikel lain yang dapat anda baca (klik untuk membacanya) :

Manfaat dan khasiat pisang kelutuk dapat mengobati maag

Manfaat buah Sirsak

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

Pecinta Tanaman - 11:39 AM

Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Wajah dan Tubuh

Manfaat Daun Sirih merah sudah tidak diragukan lagi bagi kesehatan manusia, sirih merah merupakan tumbuhan obat yang sangat besar manfaatnya. Daun sirih merah mengandung zat antiseptic pada seluruh bagiannya. Di India, sri lanka, dan Malaysia, tanaman ini dipakai guna mengatasi bau badan dan bau mulut, sariawan, mimisan, gatal-gatal dan koreng, serta keputihan pada wanita. 

khasiat daun sirih merah, khasiat daun sirih, manfaat daun sirih, manfaat daun sirih merah, manfaat sirih merah

Dalam farmakolog Cina, sirih merah dikenal sebagai tanaman yang memiliki sifat hangat dan pedas. Secara tradisional, mereka menggunkan daun sirih guna menghentikan batuk, mengurangi peradangan, dan menghilangkan gatal. Pada pengobatan tradisional di India, daun sirih dikenal sebagai zat aromatic yang menghangatkan, bersifat antiseptic, dan dapat meningkatkan gairah seks.

Khasiat dari daun sirih sudah banyak dikenal dan telah teruji secara klinis. Hingga kini, penelitian tentang tanaman ini masih terus dikembangkan. Dari hasil beberapa penelitian, dikatakan bahwa tumbuhan ini mengandung arecoline. Zat ini bermanfaat guna merangsang daya pikir, meningkatkan gerakan peristaltic, dan meredakan dengkuran. Daun sirih merah mengandung zat eugeunol yang mampu mencegah ejakulasi dini, membasni jamur candida albicans, dan bersifat analgesic (meredakan rasa nyeri).

Tidak hanya itu, kandungan tanin yang terdapat di dalamnya juga bermanfaat untuk mengurangi sekresi cairan pada vagina, melindungi fungsi hati, dan mencegah diare. 

Berikut ini adalah penjelsan mengenai beberapa manfaat sirih merah.


Obat keputihan

Daun sirih merah sering digunakan untuk mengurangi keputihan dan menjaga kebersihan organ kewanitaan. Hal tersebut terlihta dari banyaknya alat perawatan kesehatan organ kewanitaan yang berbahan utama daun sirih.

Obat jerawat

Dengan sifat antiseptiknya, daun sirih dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat pada muka dan luka bakar. Hal  ini bisa terjadi karena zat styptic yang terdapat pada sirih merah mampu menghentikan terjadinya pendarahan pada luka.

Obat bau mulut

Karvakrol merupakan zat yang bersifat disinfektan dan anti jamur, sehingga nisa digunakan sebagai antiseptic guna menghilangkan bau mulut. Seperti yang terkandung dalam beberapa produk penyegar bau mulut.

Obat penyakit kanker

Menurut penelitian dari beberapa ahli, senyawa alkaloid yang terdapat pada sirih merah dapat dimanfaatkan sebagai penghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Obat kencing manis

Sirih merah dapat digunakan sebagi obat guna menurunkan kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes apabila dikonsumsi secara rutin.

Obat sakit perut

Kandungan tanin yang terdapat pada sirih merah berfungsi sebagai penyembuh sakit perut,khususnya diare.

Obat penurun darah tinggi

Beberapa pengalaman yang terjadi di masyarakat menunjukan bahwa sirih merah dapat menurunkan penyakit darah tinggi. Selain itu, daun sirih juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit hepatitis.

Obat batuk

Karena memiliki kandungan zat yang sangat lengkap, tanaman sirih merah mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit, satu-satunya adalah batuk. Hal ini dapat dlakukan dengan cara meminum air hasil dari rebusan daun sirih secara rutin.

Obat herbal yang universal

Sirih merah dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit, seperti radang lever, radang prostat, radang mata, keputihan, mag, kanker payudara, nyeri sendi, dan penjaga stamina. Untuk mencegah hal-ha yang tidak diinginkan, sebaiknya sirih merah tidak dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil atau menyusui serta anak-anak dibawah umur 7 tahun.

Artikel lain yang dapat anda baca (klik untuk membacanya):

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

Pecinta Tanaman - 10:10 AM