;

Translate

Sunday, January 25, 2015

Bunga Anggrek Tanaman Ini Memiliki Manfaat Untuk Kecantikan & Kesehatan

Sunday, January 25, 2015

Di benua Asia, masyarakat Cina, jepang, India, dan Indonesia banyak yang memanfaatkan tumbuhan obat guna memenihu kebutuhan kesehatan. 

Menurut Kong (2003), sekitar 7300 spesies tumbuhan telah dimanfaatkan oleh masyarakat Cina sebagai obat tradisional.

Hal ini menjadikan Cina sebagai Negara terdepan dalam pemanfaatan tumbuhan obat.

Bunga Anggrek, Tanaman anggrek, Manfaat bunga anggrek, manfaat tanaman anggrek, manfaat anggrek untuk Kecantikan & Kesehatan


Anggrek adalah jenis tumbuhan yang masuk ke dalam keluarga Orchidaceae yang  telah    lama dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat antara lain Dendrobium, malaxis, Gastrodia, Bletilla, dan Anoectochillus. 

Beberapa genus tersebut telah dideskripsikan dalam buku Materia Medica yang ditulis di masa Kaisar Shen-Nung pada abad ke-28 SM.Bahkan, produk obat-obatan tradisional yang berasal dari Denrobium telah lama diperdagangkan di Cina.

Alasan Dendrobium dijadikan obat adalah  karena menghasilkan berbagai senyawa metabolit penting, di antaranya adalah alkaloid.

Alkaloid yang  paling banyak dijumpai pada anggrek  jenis Dendrobium adalah C 16H 25O2N. Ekstraksi pada tanaman anggrek jenis ini sering dilakukan pada bagian batangnya. 

Nobilonine, dendrine, dendroxime, dan dendramine adalah jenis metabolit lain yang ditemukan pada tanaman anggrek jenis ini.

Indonesia mempunyai  kekayaan tumbuhan yang sangat besar. Kekayaan spesies anggrek  yang ada di Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia, jauh melebihi Cina. 

Salah satu spesies anggrek di Indonesia adalah anggrek merpati. Di Indonesia, anggrek merpati termasuk spesies yang tumbuh secara liar, namun banyak dijumpai sebagai tanaman  hias di rumah, kampus, hingga tepi jalan. 

Selain sebagai tanaman hias, potensi anggrek di Indonesia dapat terus dikembangkan dengan cara mengoptimalkannya sebagai tumbuhan obat.

Anggrek Bermanfaat Untuk Kecantikan & Kesehatan
Khasiat yang terkandung di dalam anggrek dapat digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan produk kosmetik dan obat-obatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari tanaman anggrek, baik sebagai obat herbal maupun untuk kesehatan dan kecantikan.

1.    Sebagai Simbol dan aroma Pengharum

Anggrek sering dipergunakan sebagai symbol dari  rasa cinta, kemewahan, dan keindahan. Bahkan, orang Yunani menggunkan anggrek sebagai symbol kejantanan. Sedangkan, orang Cina mempercayai bahwa anggrek adalah tanaman yang mengeluarkan aroma harum dari tubuh kaisar Cina.

2.    Bahan baku parfum

Ekstrak dari bunga anggrek dapat dijadikan sebagai bahan aroma dalam pembuatan minyak wangi

3.    Tanaman herbal
Beberapa abad yang lalu, anggrek mempunyai peran penting dalam pengembangan tekhinik pengobatan herbal. Penggunaan anggrek sebagai obat telah digunakan dalam pengobatan tradisional guna mengobati banayk penyakit. Gastrodia elata merupakan satu dari tiga jenis anggrek yang tercantum dalam buku Materia Medica.

4.    Sebagai bahan makanan
Vanili (Vanilla plafonia) merupakan anggota dari  suku anggrek-anggrekan. Tumbuhan ini dapat dimanfaatkan buahnya guna penyedap pada kue, pembuatan parfum, dan aromaterapi. Sedangkan, umbi dari anggrek Orchis mascula yang sudah dijadikan bubuk berguna untuk campuran bumbu dalam memasak. Sementara itu, daun kering dari anggrek jumellea fragrans dapat diguanakn sebagai perasa pada minuman dan biasa digunakan di Pulau Reunion.

5.    Obat sesak napas

Guna mengatasi penyakit tuberculosis, abses paru-paru, dan penyakit saluran pernapasan, gunakan ramuan obat dari bahan tumbuh-tumbuhan, salah satunya adalah anggrek tanah (Bletilla striata). Bunga anggrek ini berwarna merah muda keunguan dan bertangkai panjang. Biasanya, anggrek tanah tumbuh diberbagai kondisi tanah.

6.    Sebagai obat kanker
Senyawa-senyawa aktif yang terdapat di dalam anggrek dapat berkhasiat sebagai obat antikanker. Sedangkan, kandungan zat dendrobine dan alkaloid pada tanaman anggrek berkhasiat guna pengobatan impotensi dan menurunkan kadar gula darah (Bulpitt,2007).

7.    Sebagai antibiotik

Tanaman anggrek memiliki kandungan zat yang cukup banyak. Sehingga, tidak menutup kemungkinan bahwa tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan antibiotik yang bermanfaat bagi penyembuhan, misalnya sebagai penawar luka akibat serangan lebah.

Sumber: Tanaman-Tanaman Hias Ajaib untuk Kecantikan dan Kesehatan, Penulis Yusef N.  Jatmika,  Penerbit BUKUBIRU


Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 12:07 PM