;

Translate

Monday, January 19, 2015

Cara Membuat Minyak Kelapa Biasa Cukup Mudah

Monday, January 19, 2015

Indonesia salah satu Negara penghasil kelapa terbesar di dunia, nah saking melimpahnya buah kelapa di Indonesia maka harga buah kelapa di beberapa tempat sangat rendah.

Untuk memanfaatkan hasil alam yang melimpah ini ada beberapa cara untuk mengolah kelapa menjadi minyak kelapa biasa dan murni, dengan diolah seperti itu maka hasil dari olahannya akan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Seperti yang di jabarkan oleh  Ir. Barlina Rindengan, M.S. dan  Dr.Ir. Hengky Novarianto, M.S.  dalam buku yang diberi judul Virgin Coconut Oil yang diterbitkan Penebar swadaya.

Buku tersebut membahas bagaimana cara mengolah kelapa supaya menjadi minyak yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi.


Cara Membuat Minyak Kelapa murni, cara membuat minyak kelapa, minyak kelapa


Namun dibawah ini hanya menjelasan cara pengolahan kelapa menjadi minyak biasa saja, untuk pengolahan atau pembuatan minyak murni akan diposting berikutnya.

Di dalam buku tersebut dijelaskan bagaimana cara pengolahan kelapa menjadi minyak, dengan bahan kelapa segar maupun kelapa kering atau kopra.

Pengolahan menggunakan kelapa segar dikenal dengan pengolahan tradisional, karena dapat dilakukan oleh petani dengan skala kecil atau skala rumah tangga, sedangkan pengolahan menggunakan kopra dikenal sebagai pengolahan modern karena hanya dapat dilakukan  industry menengah dan besar.

Membuat Minyak Kalapa Cara Tradisional
Pengolahan minyak kelapa biasa secara tradisional menggunakan daging buah kelapa segar. Cara ini umumnya dilakukan petani. Petani atau pengolah minyak mengolahnya mulai dari tahap pembuatan santan.

Untuk proses selanjutnya, sebagaian petani melakukan pengolahan melalui proses fermentasi spontan. Fermentasi spontan ini merupakan proses mendiamkan santan selama 12 jam atau lebih.
Sementara sebagian lainnya mengolah santan dengan cara memasaknya.

Membuat Minyak kelapa Cara Modern
Untuk proses pembuatan minyak kelapa biasa cara modern, umumnya dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan kelapa segar dan menggunakan kopra.

Proses pembuatan minyak kelapa biasa dengan menggunakan kelapa segar hampir sama dengan cara tradisional.

Perbedaannya hanya terletak pada penggunaan minyak pancing dan tidak menggunakan santan.
Pada proses ini klapa hanya diparut, kemudian hasil parutan tersebut digoreng dengan menggunakan minyak pancing.

Pada proses penggorengan ini sebagian minyak akan terekstraksi pada minyak pancing. Proses inipun masih membutuhkan pengolahan lanjutan, yaitu pengepresan untuk mengeluarkan minyak kelapa.

Untuk pengolahan minyak menggunakan kopra, dibutuhkan sesuatu rangkaian proses yang panjang. Hal ini disebabkan minyak kelapanya akan diperoleh melalui proses pemurnian.

Mendapatkan kopra pun membutuhkan proses yang agak lama. oleh karenanya, proses pengolahan minyak menggunakan kopra ini umumnya hanya dilakukan oleh industry menengah dan besar.

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 1:49 PM