;

Translate

Monday, January 26, 2015

Mengenal Buah Apel Dan Buah Mangga, Sejarah, Jenis, dan Manfaatnya

Monday, January 26, 2015

Mengenal Buah Apel

Apel berbentuk bulat , kulitnya tipis, halus dan warnanya menarik. Daging buahnya tebal, rasanya asam, manis dan segar. Apel bukan tanaman asli Indonesia tetapi dari daerah subtropis Asia. 

Kebun apel di Indonesia dapat dijumpai di Batu, Poncokusumo ( Malang), dan  Nongkojajar (Pasuruan)Jawa Timur.

Jenis apel yang berasal dari daerah tersebut, antara lain apel manalagi dan apel rome beauty (apel malang). Apel manalagi berkulit kuning, aromanay harum, teksturnya renyah dan rasanya manis. 

Kalian yang sudah pernah memakannya pasti akan minta tambah, “manalagi”?. Apel malang berwarna hijau berserat manalagi dan apel malang diduga berasal dari Belanda . 

Di Indonesia kedua jenis apel ini tumbuh baik di dataran tingg beriklim kering dan sejuk.
Apel mengandung karbohidrat dan vitamin C. Apel  juga mengandung serat yang dapat membantu kelancaran proses pencernaan. Apel juga dapat mencegah kanker.

Buah Apel, Buah Mangga, apel, mangga, sejarah apel, manfaat buah apel, manfaat mangga


Mengenal Buah Mangga

Mangga juga bukan  buah asli Indonesia. Mangga menyebar ke Indonesia. Mangga menyebar ke Indonesia karena dibawa orang-orang India yang menyebarkan agama budha dan hindu. Kini mangga banyak ditanam di halaman atau pekaranagn rumah.

Jenis mangga gadung dan arumanis banyak dikebunkan secara luas. Bentuk mangga ada yang bulat, bulat telur, atau bulat memanjang. 

Kulit mangga muda berwarna hijau, jika sudah matang berwarna kuning, merah, atau tetap hijau, daging buahnya tebal, lembut, lunak, dan manis. 

Oleh karena itu, mangga banyak dijadikan sari buah. Mangga mengandung vitamin A dan vitamin C. Buah mangga dapat melindungi tubuh kita dari bahaya kanker usus dan kanker tulang.

Buah mangga termasuk buah-buahan yang berdaging. Daging buah mangga sebenarnya kulit buah bagian dalam yang tebal dan berdaging.

Apakah kalian suka makan buah mangga? Mangga pada umumnya dimakan sebagai buah segar. Selain itu, buah mangga biasanya dihidangkan sebagai buah dimeja makan. 

Setelah dikupas, mangga dipotong-potong sehingga dimakan dengan mudah. Buah mangga juga dapat diolah menjadi dodol, selai, dan sirop. Mangga muda dapat digunakan untuk rujakan atau diolah menjadi manisan.


Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 12:17 PM