;

Translate

Tuesday, February 3, 2015

Cara Menanam Bunga Kenanga

Tuesday, February 3, 2015

Tanaman kenanga dapat tumbuh baik di seluruh Nusantara dengan ketinggian daerah dibawah 1200 m (diatas permukaan laut). Semula hanya tumbuh dihutan-hutan, tetapi  kini sudah banyak dibudidayakan. 

bunga kenanga


Tentu saja tanaman ini dapat tumbuh labih baik jika kondisi tanahnya subur, terutama tanah jenis alluvial, dan dapat berbunga lebat jika ketinggian daerahnya antara 20-700 m di atas permukaan laut, yang beriklim pansa dan lembab.

Di postingan sebelumnya Anda juga dapat membaca manfaat bunga kenga

Pemilihan Biji
Biji kenanga yang akan dijadikan benih harus dipilih dari buah kenanga yang berasal dari tanaman induk yang tumbuhnya baik dan bunganya lebat. Biji hendaknay dipilih dari buah yang tua yang warna kulit bijinya cokelat. Biji-biji yang akan dijadikan benih, setelah terkumpul dicuci dengan air. 

Setelah bersih, kemudian biji tersebut satu persatu digosok dengan kertas amplas sehingga kulit bijinya menjadi lebih tipis. Hal ini dimaksudkan agar air dari luar dapat lebih mudah masuk kedalam endosperm biji sehingga dapat mempercepat pertumbuhan kecambah.

Penyemaian Biji

a.    Penyemaian langsung pada polybag
Biji-niji kenanga yang sudah terpilih dan kulit bijinya sudah ditipiskan dapat langsung dikecambahkan pada pot-pot atau polybag-polybag dengan media tumbuh berupa tanah gembur yang subur dicampur dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1.

Cara meletakkan biji pada media tumbuh adalah dengan membenamkan biji dalam posisi bebas ke dalam media tumbuh sedalam sekitar 0,5 cm di bawah permukaan media tumbuh. Kemudian media tumbuh diratakan kembali agar biji kenanga tertutup media tumbuh.

Tipa polybag dapat diisi 1-2 biji, agar nantinya tersedia bibit untuk sulaman. Pekerjaan selanjutnya adalah menjaga agar media tumbuh tetap dalam keadaan basah tetapi tidak ada genangan air. 

Hal ini dapat dilakukan dengan  penyiraman air secukupnya setiap hari. Sisi bawah polybag dilubangi sebesar pensil agar air dapat merembes. Disamping itu harus tetap dijagaagar media tumbuhnya jangan sampai ditumbuhi gulma.

Berdasarkan pengamatan, maka pada umumnya biji kenanga akan mulai berkecambah dan tumbuh setelah 4-6 minggu desamiakan.

b.    Penyemaian pada tanah bedengan

Terlebih dahulu mempersiapkan tanah untuk dibuat bedengan, yakni dengan mengolah tanah menggunakan cangkul sedalam 20 cm sampai lembut dan merata. Kemudian tanah olahan tersebut dicampur dengan pupuk kandang dan pasir secukupnya, dengan perbandingan antara pupuk kandang dan pasir kira-kira 2 : 1. Pencampuran tanah, pupuk kandang, dan pasir diusahakan merata. 

Kemudian dibuat bedengan-bedengan dengan ukuran tiap bedengan misalnya lebarnya 1,5 m dan panjangnya 5 m. Tentu saja ukuran bedengan dan banyaknya bedengan tergantung pada selera dan banyaknya biji kenanga yang akan disemai.

Jika pembuatan bedengan itu pada musim hujan, sebaiknya setelah bedengan itu selesai dibuat dibiarkan selama sekitar 2 minggu agar tanah bedengan dapat berkurang keasamannya (dalam bahasa jawa:dayung). 

Namun jika pembuatan bedenagn itu dilakukan pada musim kemarau, maka setelah bedengan selesai dibuat, biji-biji kenanga sipa untuk segera disemaikan pada bedengan.

Sebelum biji-bij kenanga disemai, terlebih dulu tanah bedengan disiram air sampai basah secara hati-hati, agar bedengan tidak rusak terkena air siraman.Hal ini dapat dilakukan dengan memercikkan air sedikit demi sedikit, atau dapat menggunakan alat penyiraman yang disebut gembor.

Setelah tanah bedengan basah merata sampai kedalaman lebih dari 5 cm, kemudian biji-biji kenanga yang sudah terpilih dan kulit bijinya sudah ditipiskan segera disemai.

Penyemaian dilakukan dengan membenamkan biji kenanga dengan posisi bebas ke dalam tanah bedengan sedalam 0,5 cm di bawah permukaan tanah bedengan. Jarak tanam antara biji adalah 15 X 15 cm. kemudian biji yang sudah tertanam itu segera ditutup dengan tanah kembali sehingga biji kenanga tidak tampak.

Pekerjaan selanjutnya adalah menjaga agar tanah bedengan tetap dalam keadaan basah tanpa genangan air.Hal ini dapat dilakukan dengan penyiraman tanah bedengan setiap hari.

 Disamping itu tetap menjaga agar tanah bedengan bebas dari gulma. Pada umumnya biji-biji kenanga akan mulai berkecambah atau tumbuh setelah 4-6 minggu disemai.

Pemindahan bibit semaian

Jika penyemaian biji langsung pada polybag maka bibit yang tumbuh hendaknya terus dipelihara sampai 5-6 bulan (berdaun 6-10 helai) sehingga sudah siap dipindah atau ditanam dilapangan. Untuk itu ukuran polybag hendaknya berdiameter 20 cm, tinggi 20-30 cm, dan tebalnya 0,08-0,12 mm.

Jika penyemaian biji itu dilakukan pada tanah bedengan, maka setelah biji tumbuh dan memiliki daun 2-3 helai, harus segera dipindah pada media tumbuh dalam polybag berukuran tinggi 20-30  cm, diameter 20 cm, dan tebalnya 0,08-0,12 mm. 

Ukuran polybag tentunya tidak harus sebesar itu, tetapi pada prinsipnya mempunyai ukuran cukup untuk pertumbuhan akar selama 5-6 bulan. Media tumbuh dalam polybag hendaknya dipilih tanah gembur yang subur dicampur dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1.

Jika media tumbuh dalam polybag dusah disiapkan, kemudian dipindahkan bibit dari persemaian ke polybag. Pemindahan bibit perlu dilakukan secara hati-hati agar tidak terjadi kerusakan akar bibit persemaian. 

Dalam pemindahan bibit ini hendaknya sekaligus juga melakukan seleksi bibit, maksudnya bahwa bibit-bbit dari persemaian yang dipindahkan itu merupakan bibit-bibit yang pertumbuhannya baik dan sehat ( tidak terserang oleh hama dan penyakit).

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 1:52 PM