;

Translate

Tuesday, February 17, 2015

Cara Menanam Lengkeng Supaya Berbuah Lebat

Tuesday, February 17, 2015

Tanaman lengkeng akan lebih cocok ditanaman di areal tanah yang memiliki ketinggian 300-900 meter di atas permukaan laut.


cara menanam lengkeng, budidaya lengkeng, buah lengkeng, manfaat buah lengkeng, bibit lengkeng;


Tanaman lengkeng akan tumbuh dengan baik apabila tanah tersebut gembur dengan lapisan tanah yang tebal dan dapat mengikat air dengan baik, terutama di waktu musim hujan supaya dada musim kemarau tanah masih cukup basah.
 
Tanaman lengkeng tumbuh di daerah dengan curah hujan yang cukup dan kelembapan di atas sedang. 

Di daerah kering sering ditemukan tanaman lengkeng berbuah tidak teratur.
 
Tanaman lengkeng biasanya berbunga sekitar bulan Agustus dan September. Sedangkan musim berbuahnya sekitar bulan Januari dan Februari. Namun ada juga tanaman lengkeng yang berbuah di luar musim yang lazim.
 
Saat masaknya buah, dihitung dari saat perbungaan, adalah sekitar 4-5 bulan. Sekitar 2-3 bulan setelah perbungaan, lengkeng harus mulai dijaga dari ancaman binatang pemakan buah.
 
Saat ini ditandai dengan mulai tumbuhnya lapisan daging buah dan biji lengkeng mulai berwarna kuning kecokelatan.
 
Lengkeng tidak menyenangi tanah yang permukaan air tanahnya kurang dari 50 cm. wilayah yang cocok untuk tanaman lengkeng  mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  • Tanahnya subur, gembur, dan lapisan tanah sedikit kehitaman.
  • Tanah tidak becek pada musim hujan, serta tidak kering dan retak-retak di musim kemarau.
  • Curah hujan cukup tinggi dan udara lembab.
  • Suhu siang hari rata-rata tidak sampai di atas 30°C  
  • Sinar matahari cukup.  
Apabila tanaman lengkeng ditanam didaerah yang memenuhi syarat seperti diatas, tanaman lengkeng akan mudah tumbuh berkembang dan menghasilkan buah yang lebat.
 
Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 3:01 PM