;

Translate

Friday, February 20, 2015

Pohon Aren Dan Perkembangan Budidaya Tanaman Aren

Friday, February 20, 2015

Pohon Aren banyak tidak dikenal orang, padahal tanaman yang satu ini sangat besar manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Pohon aren terkenal dengan penghasil gula dan tepung, padahal disamping itu banyak sekali manfaat tanaman aren dari mulai daun, batang, buah, bahkan pohonnya sendiri.

Pohon Aren, Budidaya Tanaman Aren, tanaman aren, budidaya aren, cara menanam pohon aren, budidaya pohon aren


Pohon aren sekarang ini sangat jarang dan sulit ditemui, salah satu faktor penyebab langkanya pohon aren ialah pertumbuhannya yang membutuhkan waktu lama untuk diambil hasilnya.

Maka tidak heran para pemilik pohon aren harus menunggu lama bahkan kurang lebih 10 tahun untuk mendapatkan hasil dari pohon aren tersebut.

Maka tidak heran bagi para petani pohon aren apabila tanaman mereka punah mereka aga kesulitan untuk mencari bibitnya lagi.

Menurut para pemilik pohon  aren di beberapa daerah di pulau Jawa, bahwa penyebaran aren yang alami tidak bisa ditentukan oleh manusia, karena pohon aren yang tumbuh alami kebanyakan tanaman tersebut tumbuh dari hasil kotoran Luak atau Musang, yang bijinya tidak hancur kemudian berkecambah dan tumbuh menjadi pohon aren.

Pohon aren, Arenga pinnata, yang dulu terkenal sebagai Arenga saccharifera, mirip pohon kelapa, Cocos nucifera. 

Namun sosoknya lebih seram, karena batangnya tidak bersih langsing tinggi semapai seperti batang kelapa, melainkan kotor penuh rambut hitam, bekas pelepah daun, atau paku-pakuan yang tumbuh “nebeng” padanya.

Namun untuk menjaga kelestarian tanaman tersebut sebetulnya kita bisa membudidayakannya, bahkan pada tahun 1978 Dinas Perkebunan Daerah Tasikmalaya sudah mulai membibitkan aren, dan hasilnya sudah disebarluaskan di kalangan para petani aren.

Dan pada tahun 1987 Dinas Perkebunan Daerah Sukabumi mengikuti jejak Tasikmalaya. Bahkan sudah puluhan ribu bibit pohon aren hasil persemaian biji di kebun pembibitannya kini pun sudah tersebar ke berbagai desa daerah setempat.

Kunci keberhasilan berkebun aren terletak pada pembibitan. Tetapi perawatan yang teratur juga memegang peranan, di samping pengambilan hasil yang bijaksana agar pohon tidak merana dan mati muda sebelum waktunya.

Permintaan pasar untuk mengekspor ijuk, gula enau, dan buah kolang-kaling makin mendorong kita untuk mengebunkan pohon ini.

Untuk selanjutnya silahkan baca Cara Budidaya Aren

Sumber: BERTANAM AREN. Penerbit: Penebar Swadaya

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.



www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 10:38 AM