;

Translate

Thursday, February 12, 2015

Taksonomi Dan Morfologi Tanaman Tomat Dan Cherry

Thursday, February 12, 2015

Taksonomi Tanaman Tomat

Kedudukan tanaman tomat dan buah cherry dalam sistematika (tata nama) tumbuhan, diklasifikasikan sebagai berikut:

Divisio  :  Spermatophyta
Sub division  :  Angiosperma
Klas  :  Dicotyledonae
Sub Klas  :  Metachlamidae
Ordo  :  Tubiflorae
Family  :  Solanaceae
Genus  :  Lycopersicume
Spesies  :  Lycopersicum esculentum Mill

Taksonomi tanaman tomat, Morfologi Tanaman Tomat,  buah Cherry, budidaya tomat, cara menanam tomat


Tanaman tomat masih satu keluarga dengan kentang (Solanum tubersoum L.), terung (S. melongena L.), ranti atau leunca (S. nigrum L.), takokak (S. torvum sp.).

Spesies lain dari tanaman tomat cukup banyak, diantaranya adalah cherry (L. cerasiforme),  tomat ranti atau renggeum (L. pimpinellifolium), dan juga L. peruvianum, L. glandulosum, L. hirsutum, dan L. chilense yang umumnya disebut tomat liar.

Sumber daya (plasma nutfah) tanaman tomat liar penting artinya dalam pemuliaan tanaman, karena memiliki kelenbihan dalam hal ketahanannya terhadap penyakit tertentu.

Tomat ranti (L. pimpinellifolium) tahan terhadap penyakit layu cendawan Fusarium oxysporum f. lycopersici, layu bakteri P seudomonas Solanacearum E.F. Smit, dan virus TMV.

Tomat cherry tahan terhadap penyakit busuk daun oleh Phitopthora infestans, dan bercak daun (Altenaria solani).

Morfologi Tanaman Tomat

Tomat dan cherry merupakan taman setahun (annual) atau tahunan (perennial) yang berumur pendek, tetapi umumnya tumbuh setahun berbentuk perdu.

Tinggi tanaman dapat mencapai 2 – 3 meter atau lebih, mempunyai batang yang lunak dan bulat.
Batang tanaman sewaktu masih muda mudah patah, sedangkan setelah tua menjadi keras hampir berkayu, dan seluruh perkukaan batangnya berbulu halus serta bercabang lebat.

Daun tomat umumnya lebar-lebar, bersirip dan berbulu, panjangnya antara 20-30 cm atau lebih, lebar sekitar 15-20 cm, dan biasanya tumbuh dekat ujung dahan (cabang). Tangkai daun bulat panjang sekitar  7-10 cm dan tebalnya antara 0,3-0,5 cm.

Bunga tanaman tomat tersusun dalam rangkaian bunga yang jumlah kuntum bunganya beragam antara varietas.

Kuntum bunga tomat terdiri atas 5 daun kelopak dan 5 helai mahkota, memiliki bakal buah, kepala putik, tangkai putik serta benang sari.

Serbuk sari terdapat terdapat dalam kantong sari, dan letaknya seakan-akan menjadi satu sehingga membentuk bumbung yang mengelilingi tangkai kepala putik (stylus).

Sebagian besar bunga tomat menyerbuk sendiri, tetapi mudah juga dilakukan persilangan.

Buah tomat umumnya berbentuk bulat atau bulat pipih, oval dengan ukuran panjang 4-7 cm, diameter 3-8 cm bahkan buah tomat cherry ukurannya kecil-kecil.

Struktur buah tomat dan  cherry berada di atas tangkai buah, kulitnya tipis, halus, dan bila sudah masak berwarna merah muda, merah, dan juga kuning.

Sumber: Tomat & Cherry, Penerbit Kanisius

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.



www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 9:46 AM