;

Translate

Tuesday, February 17, 2015

Tanaman Buah, Hias, Sayuran, Bunga Dalam Pot Berkembang Baik

Tuesday, February 17, 2015

Sampai saat ini masih ada orang yang berpendapat bahwa bertanam dalam pot terbatas pada jenis tanaman hias, terutama yang kecil-kecil sebagaimana lazimnya sering kita lihat dirumah-rumah penduduk. 

Pendapat demikian menimbulkan anggapan bahwa yang bisa ditanam dalam pot hanyalah tanaman hias yang kecil-kecil. 

tanaman buah dalam pot, tanaman hias dalam pot, tanaman sayuran dalam pot, tanaman dalam pot, tanaman bunga dalam pot;

Bahkan banyak orang memandang tanaman dalam pot identik dengan tanaman hias.padahal tentu tidak selamanya demikian. 

Tanaman dalam pot tidak terbatas pada jenis tanaman hias daun dan bunga, tetapi dapat juga macam-macam sayuran dan buah-buahan, serta jenis tanaman lainnya.
Semua jenis tanaman  pada hakekatnya dapat ditanam dalam pot, termasuk jensi tanaman keras yang berbatang besar seperti mangga, jeruk, jambu, kelapa, dan lain-lain. 

Sudah barang tentu tanaman yang tumbuh di dalam pot umumnya kerdil dan tidak normal sebagaimana tumbuh dialam bebas. Sebab utamanya adalah media tumbuh dalam pot jauh lebih sempit dari pada media dialam bebas.
Karena tanaman yang tumbuh didalam pot bentuknya kerdil maka ada pendapat bahwa tanaman dalam pot sama dengan  bonsai, yaitu seni mengkerdilkan tanaman. 

Padahal tanaman dalam pot jauh berbeda dengan bonsai, meskipun tanaman dalam pot tubuhnya kerdil.
Seperti kita ketahui bahwa bonsai adalah seni megkerdilkan tanaman. Seni ini berasal dari jepang. Tanaman yang  dikerdilkan menajdi bonsai tumbuh di alam bebas serta memiliki sifat-sifat sebagaimana pertumbuhan aslinya. 

Karena unsur kesengajaan, maka bentuk tanamannya menajdi kerdil. Untuk menciptakan bonsai diperlukan pengetahuan dan keterampilan tersendiri.  

Misalnya, untuk memperoleh bentuk bonsai yang indah seniman bonsai harus mengikuti rumus-rumus tertentu. 

Dan untuk manghasilkan satu bonsai saja seorang seniman kadang-kadang membutuhkan waktu bertahun-tahun, bahkan mungkin puluhan tahun.
Bertanam dalam pot jauh lebih sederhana daripda bertanam bonsai bertujuan untuk memperoleh tanaman kerdil dalam bentuk yang indah, maka bertanam dalam pot bertujuan memperoleh hasil berupa daun, bunga atau buah yang hasilnya dapat langsung dinikmati. 

Misalnya, kita menanam belimbing dalam pot dan berbuah besar serat lebat sudah tentu akan tampak indah. Kita bisa menikmati keindahan tanaman belimbing tersebut kemudian menikmati pula buahnya yang sudah masak.
Keuntungan Bertanam Dalam Pot:
  • Tidak memerlukan lahan atau areal khusus yang khas.
  • Pot dan tanamannya dapat ditaruh dimana saja, baik diluar maupun didalam rumah.
  • Karena didalam pot maka tanaman dapat dipindah-pindahkan dengan mudah dan cepat serta tidak perlu melakukan pembongkaran atau penanaman kembali.
  • Dapat melakukan pengamatan khusu secara mudah.
  • Penanaman dan pemeliharaannya lebih sederhana dan mudah sehingga tdak diperluakn keterangan khusus
  • Selain manambah keindahan juga dapat dinikmati hasilnya.

Tumbuhan yang dapat ditanam dalam pot dapat dibedakkan dalam  4 jenis, yaitu:
  • Macam-macam tanaman hias daun dan bunga
  • Macam-macam tanaman sayuran
  • Macam-macam tanaman buah-buahan
  • Macam-macam tanaman lain termasuk tanaman obat-obatan.
Dari keempat jenis tanaman diatas yang paling banyak di tanam didalam pot adalah tanaman hias, baik daun maupun bunga. Jumlah tanaman hias ada ribuan, bahkan mungkin varietasnya ada puluhan ribu.

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.



www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 3:46 PM