;

Translate

Tuesday, February 3, 2015

Tanaman Hias Jenis Dan Varietas Tanaman Philodendron

Tuesday, February 3, 2015

Jenis dan varietas philodendron

Warna daun Philoendron yang mengkilap seolah memberikan kesan eksklusif. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang beragam dengan warna mengangumkan. Ada banyak jenis tanaman philodendron yang diburu oleh orang. 

philodendron, tanaman philodendron, bunga philodendron, manfaat philodendron


Berikut ini beberapa jenis philodendron yang dominan untuk dibudidayakan (tidak termasuk jenis hibrida).

1.    Philodendron Burgundy

Cirri-ciri dari tanaman ini adalah daunnya berbentuk jantung dan mengkilat serta tumbuhannya lambat. Ukuran jenis ini kecil, yaitu memiliki tinggi antara 20-30 cm.

2.    Philodendron Florida
Cri-ciri dari jenis ini adalah daunnya bertoreh bagaikan jari dan warnanya hijau cemerlang.

3.    Philodendron hastatum
Ciri-ciri dari tanaman jenis ini adalah berdaun seperti tombak dan warnanya hijau gelap

4.    Philodendron Cordatum

Jenis ini sangat baik untuk dipelihara dipinggir kolam atau tempat-tempat yang relative lembab. Jenis ini cukup popular karena daunnya kecil dan berbentuk jantung, ukurannya sekitar 5-10 cm.

5.    Philodendron soledad

Philodendron ini berasal dari Amerika serikat, sosoknya berdaun melebar dan ujungnya membentuk rumbai-rumbai bergelembung. Jenis ini tumbuh membesar dan tinggi apabila diletakakn di tempat yang terkena cahaya penuh. Jenis ini cocok untuk penghias taman dan pertumbuhannya terbilang cepat.

6.    Philodendron black cardinal

Jenis ini disebut black cardinal karean berwarna kehitaman. Uniknya, daun jenis ini berbentuk seperti hati dan batangnya berwarna merah muda, sehingga terlihat kontras. Jenis ini cocok sebagai tanaman dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan. Sayangnya, black cardinal jarang berbunga.

7.    Philodendron Cherry red
Saat  jenis ini memiliki daun muda, maka warnanay adalah jingga kemerahan. Namun, ketiak dewasa, warnanya bergeser menjadi kuning cerah. Bentuk daun jenis ini serupa dengan black cardinal, yaitu meruncing ke atas.

Tidak hanya itu, philodendron silanagn terbaru dari Greg hambali yang bernama mercy memiliki batang yang kuat serta daunnya lebar memanjang. 

Tanaman philodendron mercy lahir dari perkawinan antara philodendron goldii dengan philodendron williamsii pada tahun 2001. 

Silangan tersebut menghasilkan jenis yang tahan dari penyakit, seperti busuk daun.

Jenis philodendron lainnya adalah philodendron Sonora. Tanaman ini mirip philodendron mercy, yang membedakan adalah apabila dilihat dari sekat, sisi kanan dan sisi kiri daunnya seakan saling melipat. Perbedaan lainnya adalah daunya lebih runcing dan puncak segitiganay lebih panjang.

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 5:33 PM