;

Translate

Sunday, March 8, 2015

Asal Usul Dan Sejarah Buah Mangga

Sunday, March 8, 2015

Buah mangga sudah lama dikenal di Indonesia, bahkan buah mangga sudah banyak yang  dibudidayakan oleh para petani Indonesia. 

buah mangga, manfaat buah mangga, budidaya jamur, sejarah mangga, sejarah buah mangga, jenis jenis buah mangga, asal usul buah mangga;


Namun sebenarnya buah mangga bukan asli tanaman Indonesia, menurut sejarah penyebarannya, buah mangga yang ada di Indonesia berasal dari Negara India.

Karena iklim dan suhu di Indonesia sangat cocok dengan tanaman buah mangga maka, tanaman tersebut cepar berkembang dan tumbuh dengan baik, sehingga menghasilkan buah yang memiliki kualitas yang baik.

Penyebaran buah mangga hampir penyeluruh di wilayah Indonesia, bahkan  dari tiap-tiap daerah memiliki nama local masing-masing.  Di Madura, mangga disebut pao. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur buah mangga disebut palem.  Di Jawa Barat: Mangga. Di Aceh buah mangga disebut mamplam. Sedangkan di Bali buah mangga disebut ampelm.

Bahkan dalam bahasa Indonesia buah mangga juga sering disebut mempelam.

Di Negara India buah mangga memiliki cerita dongeng rakyat yaitu asal usul adanya buah mangga. Dongeng rakyat di India ini menyebutkan bahwa mangga adalah penjelmaan Dewa Prajapati.

Orang asing yang pertama kali melihat kebun mangga yang indah di lembah Indus ialah Alexander Agung pada tahun 327 SM. Penulis tentang buah mangga di India yang pertama mungkin Huien T’Sang, pada tahun 632-45 SM.

Rumphius (1741), ahli botani, menyimpulkan bahwa tanaman mangga baru beberapa abad ditanam di Kepulauan Asia.

Sedangkan di India bagian timur yang berbatasan dengan Birma, mangga telah ditanam lebih dari empat ribu tahun, bahkan enam ribu tahun yang lalu. Ia berpendapat bahwa mangga berasal dari daerah perbatasan India-Birma.

Istilah mangga berasal dari Bahasa Tamil di India yaitu: mankay atau man-gas. Dalam bahasa botani, mangga disebut Mangifera indica L., yang berarti tanaman mangga berasal dari India.

Pada kenyataannya hampir di seluruh Negara bagian India terdapat tanaman mangga. Sebutan mangga dalam Bahasa Indonesia mirip sekali dengan bahasa Tamil: man-gas.

Sejarah Penyebaran Buah Mangga Ke Indonesia

Dari India mangga menyebar ke Semenanjung Malaysia, kemudian ke Indonesia dan sekitarnya. Penyebaran itu mungkin karena dibawa pedagang India da penyebar Agama Hindu dan Budha sekitar abad keempat atau kelima sebelum Masehi.

Mangga mulai ditanam di Kepulauan Maluku pada tahun 1665. Di Filipina, mangga ditanam pertama kali di Kepulauan Sulu dan Mindanao sekitar tahun 1400 dan 1450. Di Pulao Luzon sekitar tahun 1600 dan 1650.
Sumber : Bertanam Mangga. Penerbit: Penebar Swadaya

Budidaya Jamur
Budidaya Jamur Tiram


www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 7:17 AM