;

Translate

Thursday, March 26, 2015

Budidaya Teh: Hama Tanaman Teh Cara Pemberantasannya

Thursday, March 26, 2015

Hama Tanaman Teh Dan Cara Pemberantasannya

Heterodera marioni
Hama ini terutama mengadakan pengrusakan dipersemaian, jarang sekali menyerang kebun. Hama tersebut yang diserang adalah akar teh yang masih muda, tanda-tandanya ;akar akan menggembung, lambat laun menjadi busuk.

Pemberantasannya:
Menggunakan racun DDT atau HCH yang disemprotkan ke dalam tanah


Gryllotalpa Africana atau anjing tanah (orong-orong)
Hama ini mengadakan pengrusakan terutama pada persemaian dan kebun-kebun yang masih muda.  Tempat yang dirusak adalah perakaran denagn jalan memutus-mutus akar sewaktu hewan tersebut akan membuat liang.

Pemberantasannya:
Caranya dapat langsung dengan menangkap binatang-binatang tersebut dan dibunuh


Brachytus portentosus atau gangsir
Hama inipun mengadakan pengrusakan pada tempat-tempat persemaian dan kebun-kebun muda. Hama ini pun pengrusakannya dengan jalan memutus-mutus akar dan batang dekat leher akar.

Pemberantasannya:
Dengan cara tradisional, yaitu menangkapi gangsir-gangsir tersebut dan kemudian mengumpulkannya dna membunuh


Agrotis sp
Ulat in banyak mengadakan pengrsakan di persemaian dengan jalan merusak kulit batang bahkan kadang kala sampai batang tersebut putus.

Pemberantasannya:
Mencari ulat-ulat tersebut didalam tanah pada pagi hari. Pencariannya disekitar tempat yang diserang. Atau bisa juga kita pancing dengan obat-obatan beracun supaya mati.


Zeuzera coffeae nonol
Ulat ini seringkali menggerek batang atau ranting ataupun dibagian lain yang keras. Mula-mula memang menggerek kulit dan mambuat lobang diantara kulit dan batang. Penngerekannya melingkar, hingg bagian yang digerek ini mudah patah. Lalu setelah itu ia masuk ke dlaam bagai kayu.

Pemberantasannya:
Hanya dengan jalane memotong kayu yang dimakan nonol itu dan kemudian dibakar.


Bubuk kayu
Penyakit ini menyerangnya pada pohon-pohon yang barus aja mengalami pemangkasan. Dapat juga menyerang pohon-pohon yang masih dalam pesemaian.

Pemberantasannya:
Kalau menyerang yang masih dalam persemaian maka dapat kita lakukan pemberantasan dengan jaan mencabut pohon yang terserang. Tetapi kalau sudah dewasa di perkebunan, maka pemberantasannya hanya dapat dilakukan dengan jalan memperpanjang giliran pemangkasan, yang semula 2 tahun sekali menjadi 4 atau 5 sekali.


Hellopeltis antoni
Jenis ini termasuk hama yang terpenting bagai tanaman teh. kalau hama ini telah menyerang, maka kita akan mengalami kerugian produksi karen adaun-daun produksi berkurang. Selain itu hama ini menyebabkan pula penyakit kanker cabang.

Kulit dari cabang tersebut  menjadi bengkak-bengkak karean pertumbuhan callus yang tidak benar, yaitu pada tempat-tempat bekas tusukan hellopeltis. Umumnya hama ini menyerang pada kebun-kebun yang baru saja mengalami pemangkasan.

Pemberantasannya:
1. Pada kebun yang barus aja dipangkas, maka langsung saja kita dapat menangkap dan membasmi serangga tersebut.
2. Ujung ranting yang ditinggalkan sewaktu pemungutan tunas harus dipotong. Sebab bias anya serangga ini meletakkan telurnya pada sisa-sisa ujung tunas.
3. Mempersingkat giliran pemungutan, memungut pucuk sebanyak mungkin sebelum telur hama tersebut sempat menetas.
4. Menyemprot dengan obar derris 0,5 sampai 0,75%.
5. Menggunakan pemangkasan system O.D.A.R.

Budidaya Teh
Manfaat Tanaman Teh




www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 2:25 PM