;

Translate

Thursday, March 26, 2015

Budidaya Teh: Penyakit Tanaman Teh Cara Pemberantasannya

Thursday, March 26, 2015

Penyakit Tanaman Teh dan Cara Pemberantasannya

Ganoderma pseudoferreum atau Cendawan akar Merah
Cendawan atau jamur akar merah ini sering menyerang perkebunan-perkebunan teh yang mempergunakan pohon pelindung sejenis Albizzia falcate ataupun Derris michophyla. Jenis jamur ini menyerang pada akar teh dan cara penularannya melalui contack intectie, 

Mycelium terdapat pada permukaan kulit akar, berwarna putih  sampai hitam. Akan tetapi kalau kena air warna itu akan berubah menjadi merah darah.

Pemeberantasannya:
Pemberantasan secara langsung dapat dilakukan dengan cara mmebongkar pohon pelindung yang terserang penyakit itu dna juga pohon teh yang sudah terserang. Atau kalau mau cara lain, dengan cara menggali parit bdi sekeliling pohon-pohon yang terserang penyakit cendawan akar merah. Parit kecil tersebut dimaksudkan untuk isolasi.

Hasil ini memang baik, akan tetapi memakan beaya yang tidak sedikit. Lobnag bekas cabutan pohon yeng terserang cendawan akar merah ini jangan ditanami lagi selama  3 tahun.


Cendawan akar hitam
Tanda-tanda penyakit kalau  sudah menyerang, kulit bagian luar dari akar dis ebelah ujungnya tampak benang-benang cendawan yang warnanya putih sampai kelabu yang berangsur-angsur berubah menjadi hitam mengkilat. Benang-benang cendawan ini sebagian  masuk dalam kulit dna tumbuh  di antara bagian kulit dan kayu. Benang ini kemudian berkembang menuju akar. Penularan penyakit ini melalui spora.

Pemberantasannya:
Pohon teh yang terserang penyakit cendawan akar hitam ini harus dibongkar dan kemudian lobang bekas bongkaran pohon teh tersebut kita siram dengan lumpur belerang sebanyak 200 gram untuk tiap lobangnya. Lalu lobang tersebut dibiarkan saja kosong selama ± 3 tahun.


Ustulina maxima atau Cendawan leher akar
Penjalaran penyakit ini melalui infeksi, yaitu masuk ke dalam batang melalui luka-luka akibat kena alat yang dipakai pada waktu mengolah tanah atupun merumput. Luka yang demikian ini biasanya mudah terjadi dileher akar. Penyakit ini menyerang pada leher akar.

Pemberantasannya:
Kalau saja serangan ini belum masuk ke dalam kayu, maka bisa dengan jalan/mengupas kulit yang terserang,lalu lukanya dilabur dengan obat penutup luka.
Pencegahannya, menjaga jangan sampai melukai pohon sewaktu kita mengerjakan tanah maupun merumput.


Fomes cocius
Di luar akar akan kelihatan tenunan-tenunan dari benang-benang cendawan yang warnanya coklat kehitam-hitaman. Kemudian butir-butir pasir kelihatan melekat pada tenunan benang tersebut dan merupakan kerak.

Bila akar pohon yang sakit ini bersentuhan dengan akar pohon yang sehat, maka penularana akan bisa terjadi.

Pemberantasannya:
Membongkar dan membakar sisa-sisa akar, juga terhadap pohon yang masih kelihatan sehat yang tumbuh berdekatan dengan  pohon yang sakit.


Corticium salmonicolor atau jamur Upas
Penyakit ini menyerang pohon teh pada bagian kulit batang, dan kemudian berubah menjadi kuning merah dan akhirnya jadi merah. Bagian kulit yang ditutupi lapisan lambat laun akan kering.cendawan ini akan tumbuh subur didaerah yang lembap.

Pemberantasannya:
Mengusahakan kebun jangan sampai lembap betul, lalu mengerok jamur tersebut dan dilumuri dengan carbolineam 5%.


Cendawan hangus
Yang dimaksudkan dengan penyakit janur hangsu ini adalah kumpulan dari macam-macam jenis cendawan yang suka hidup di kotoran dari jenis macam-macam kutu daun.

Pencegahannya:
Kita adakan pemotongan pada bagian muda atau ranting yang dihinggapi penyakit ini. Kemudian sebaiknya potongan itu kita buang jauh atau kita bakar supaya kuman-kumannya mati.



www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 2:38 PM