;

Translate

Tuesday, March 10, 2015

Hama Dan Penyakit Tanaman Mangga Pohon, Daun, dan Buah

Tuesday, March 10, 2015

Penyakit dan hama tanaman buah mangga sangat banyak jenisnya. Dari mulai penyakit pada buah, daun, pohon, bunga dan buah muda, sampai penyakit yan sering di temukan pada cabang dan batang tanaman mangga.

buah mangga, penyakit tanaman mangga, hama mangga, hama tanaman mangga, budidaya buah mangga, penyakit pohon mangga;


Hama Dan Penyakit Pada Buah Mangga
Penyakit pada buah mangga umumnya disebabkan oleh cendawan dan bakteri. Serangannya mengakibatkan busuk buah.

Tiga penyakit penting buah mangga sebelum panen adalah antraknosa (anthracnose), bercak hitam dan kudis.

Penyakit setelah panen adalah busuk buah karena cendawwan. Pengendalian penyakit dengan pestisida sebaiknya dilakukan dengan pertimbangan yang masak.
Penyakit pada buah mangga:

1.    Antraknosa buah
2.    Bercak hitam
3.    Kudis buah
4.    Penyakit buah setelah panen

Hama Dan Penyakit Pada Bunga dan Buah Muda
Bunga dan buah yang masih muda sangat rawan terhadap cendawan tepung dan busuk cokelat.
 
1.    Cendawan tepung
Cendawan tepung termasuk cendawan ectophit, yaitu cendawan hidup pada permukaan tumbuhan inang. Gejalanya, terlihat pertumbuhan miselium yang halus dan jernih menyerupai sarang laba-laba.
 
2.    Busuk cokelat
Penyebab busuk cokelat adalah cendawan Physalospora perseae Doidge. Infeksinya dimulai dari bunga, lalu menjalar ke tangkai bunga. Pada tangkai bunga terdapat celah (retak) hitam yang memanjang.

Buah yang masih muda juga bisa terserang busuk cokelat. Warna buah akan berubah dari hijau menjadi cokelat kekuningan sampai hitam kecokelatan. Kerontokan buah yang telah terbentuk dapat mencapai 90 %.

Hama Dan Penyakit Pada Daun Mangga
Gangguan penyakit pada daun mangga bisa karena serangan cendawan jelaga, atau bercak karat merah karena gangga.

1.    Cendawan jelaga
Penyakit cendawan jelaga bisa disebabkan oleh cendawan Meliola mangiferae Eale, Gloeodes pomigena Schw., Dimerosporium mangiferum Cooke et Br.., Capnodium mengiferum Cooke et Br., Capno dium racemosum Cooke., Phaeasaccardinula sp.

Serangan cendawan jelaga pada mangga  bisa terjadi apabila di pohon tersebut terdapat hama serangan yang mengeluarkan kotoran “embun madu”

2.    Bercak karat merah
Bercak karat merah pada daun mangga disebabkan gang-gang Cephaleuros mycoidea Karst. Selain mangga, bercak karat merah juga menyerang jeruk, apel, the, jambu biji, leci, lengkeng, dan rambutan.

Hama Dan Penyakit Pada Cabang dan Batang Mangga
Penyakit cabang dan batang pada mangga bisa berupa blendok, buduk kulit batang karena cendawan, busuk batang semai dan benalu.

1.    Penyakit blendok
Penyakit blendok disebut juga penyakit recife. Penyebabnya cendawan Diplodia recifensis Batista, bersama-sama dengan kumbang Xyleborus affinis.

Kumbang Xyleborus affinis membuat terowongwn di batang atau di cabang,  Kemudian terinfeksi cendawan Diplodia recefensis Infeksi itu mengikuti kumbang yang masuk ke dalam terowongan.

2.    Penyakit batang
Pada batang mangga seringkali terdapat cendawan yang melekat pada kulit batang yang telah mati. Pada umumnya cendawan merupakan saprofit atau merupakan parasit yang ringan, misalnya Schizophyllum commune Fries, Fomes conchatus (Pers.) Fr. Dan Ganoderma applanatum (Pres. Ex Nallr.) Pat.

3.    Penyakit pesemaian
Penyakit busuk pada bibit mangga di pesemaian disebabkan cendawan Sclerotium delphini Welch. Gejalanya, batang semai yang baru tumbuh berbau busuk.

4.    Benalu
Benalu atau kemladean atau pasilan termasuk family Loranthaceae. Tumbuhan setengah parasit ini sering terdapat pada mangga.

Mereka tumbuh melekat pada cabang atau ranting. Benalu yang tumbuh di cabang atau ranting, kalau  tidak segera diberantas makin lama makin banyak.
Sumber: Bertanam Mangga, Penerbit: Penebar Swadaya

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


Budidaya jamur        Budidaya jamur tiram    Cara budidaya jamur    Budidaya jamur        budidaya jamur        budidaya jamur        budidaya jamur        budidaya ajmur            budidaya jamur        budidaya jamur        budidaya jamur        budidaya jamur        hama tanaman mangga        penyakit tanaman mangga        hama mangga        penyakit mangga        budidaya tanaman mangga        penyakit pohon mangga


www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 1:39 PM