;

Translate

Monday, March 2, 2015

Khasiat Dan Manafaat Bunga Rosella Kandungan Rosela

Monday, March 2, 2015

Manfaat dan Khasiat Bunga Rosella

Dilihat dari penampilannya, rosella dimasukkan ke dalam kategori tanaman hias. Warnanay cerah menyegarkan, pas jika ditanam sebagai penghias taman. 

Meski begitu, tanaman ini juga berkhasiat untuk meredam tumor, antiradang, anthipertensi, dan memperlancar buang air besar.

manfaat bunga rosella, manfaat bunga rosela, khasiat bunga rosella, khasiat bunga rosela, bunga rosella, tanaman rosella, bunga rosela


Perlu diketahui, rosella mengandung banyak zat yang diperlukan oleh tubuh.  Kandungan zat yang terdapat dalam rosella bisa dijadikan sebagai obat herbal alami dan terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit. 

Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat yang dapat diperoleh dari tanaman rosella.

1.    Sebagai antioksidan
Dengan mengkomsumsi antioksidan, maka radikal bebas yang merusak inti sel dalam kulit  dapat dihilangkan.Itu sebabnya, rosella memiliki efek antikanker. Kandungan yang paling berperan dalam fungsi ni adalah antosian atau pigmen tumbuhan.

2.    Bahan pembuat Makanan
Daun muda rosella bisa dimakan. Di benua afrika, biji rosella sering dikonsumsi karena dipercaya menagndung jenis minyak tertentu.

3.    Obat perawatan kulit

Di dalam daun rosella, terkandung asiaticoside (triterpeneglycoside) yang berfungsi merangsang pembentukan lipid serta protein yang berguna untuk perawatan dan kesehatan kulit. Asiaticoside diklasifikasikan sebagai antibiotik.

4.    Penumbuh nafsu Makan

Kandungan zat yang terdapat dalam tumbuhan ini berfungsi sebagai obat penumbuh nafsu makan, karena bersifat stomachic atau merangsang.

5.    Mencegah pertumbuhan Penyakit kronis
Ternyata, kandungan zat pada tanaman ini dapat menghambat proses akumulasi dari radikal bebas, yang menjadi penyebab beberapa penyakit kronis, seperti kerusakan ginjal, diabetes, jantung koroner, dan kanker (darah).

6.    Bahan produk minuman
Kelopak bunga rosella (rosella merah) dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat minuman segar, yaitu berupa sirup. The, dan jenis minuman lainnya. Kelopak bunga tersebut mengandung vitamin C,A, dan asam amino yang baik bagi stamina tubuh. 

Selain itu, tanaman ini juga dipercaya dapat mengurangi dampak negative dari nikotin bagi para perokok aktif.


Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 3:22 PM