;

Translate

Friday, April 10, 2015

Macam Macam Buah jeruk

Friday, April 10, 2015

Jeruk termasuk family Rutaceae, beranggotakan 130 genus. Dari genus sebanyak ini hanya 6 yang merupakan  jeruk sesungguhnya. 

Salah satunya adalah genus citrus yang beranggotakan1 6 spesies. Genus ini dibagi lagi menjadi 2 sub genus, yaitu Eucitrus (10 spesies), dan papeda (16 spesies). Sub genus Eucitrus iniah yang laing banyak dibudidayakan orang.

macam macam jeruk, budidaya jeruk, cara menanam jeruk, jeruk;


Jeruk mempunyai banyak sekali kultivar. Tiap-tiap daerah mempunyai nama-nama sendiri meski induknya (spesiesnya) sama. 

Tapi karena perbedaan jensi tanah dan ketinggian daerah penanaman, jeruk dapat menjadi kultivar tersendiri. Namun, secara umum, jeruk dapat dibagi emnjadi 4 golongan uatama. Adapun golongan-golongan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Golongan jeruk manis (citrus aurantium)
batang jeruk manis biasanya mulai bercabang pada ketinggian satu meter. Tajuk daunnya bundar , dan kalau pohonnya dibiarkan tumbuh maka akan mencapai ketinggian ± 6 meter, untuk jenis jeruk manis ini pada umumnya berbuah lebat pada bulan april dan Mei.

Akan tetapi,  harus diingat, bahwa yang dinamakan jeruk manis ini tidak selamanya rasanya manis. Akan tetapi, ada juga buah jeruk manis yang rasanya agak masam. 

Juga jeruk manis ini besar kecilnya tidak sama, ada yang berbuah besar dan ada juga yang berbuah kecil, demikian pula dengan bijinya. Ada jeruk manis yang berbiji banyak dan ada yang berbiji sedikit.

Kemudian tentang keadaan tumbuh terbaiknya. Jeruk manis ini tumbuh paling baik didaerah pegunungan yang tingginya 800-1000 m diatas permukaan air laut dan mempunyai musim kemarau yang agak lama.

2. Golongan jeruk Mandarin (citrus nobilis)
Golongan jeruk mandarin ini sering pula disebut dengan jeruk “WE”. Adapun yang termasuk didalam golongan jeruk mandarin ini adalah, jeruk keprok, jeruk garut, jeruk konde cina, jeruk ragi, jeruk siam, jeruk banten, dan lain-lain.

Untuk jenis ini daunnya lebih kecil bila dibandingkan dengan daun jeruk manis. Pda umumnya pohonnya kecil dan banyak cabangnya. 

Buahnya juga lebih kecil dan berkulit tipis. Kalau jeruk manis kulitnya mudah dikupas, maka jeruk golongan mandarin ini kullitnya agak susah dikupas. 

Tapi kalau buahnya telah benar-benar masak, maka rasanya lebih manis daripada jeruk manis sendiri. Itulah sebabnya jeruk ini lebih banyak disukai masyarakat bila dibandingkan dengan jeruk manis.

Sedangkan di Indonesia kalau dihitung persentasenya, maka lebih banyak ditanam pohon jeruk golongan ini bila dibandingkan denagn golongan jeruk manis.

Tempat yang baik untuk menanam jeruk mandarin adalah daerah pegunungan yang ketinggiannya antara 800-1500 m dari atas permukaan laut.

3. Golongan jeruk besar (citrus maximus)
Termasuk golongan jeruk besar antara lain: jeruk bali, jeruk silumpang, jeruk nambangan, jeruk delima, dan lain-lain. 

Golongan ini mempunyai jenis banyak sekali, akan tetapi hampir semuanya sama. Rata-rata buahnya bergaris tengah sekitar 20 cm. semuanya berkulit tebal dan bil sudah masak kulitnya akan berwarna kuning. 

Warna daging buahnya biasanya berwarna merah jambu, namun ada pula yang putih atau kekuning-kuningan.

Untuk golongan ini daging buahnya berbeda-beda kerasnya, dan juga rasanya. Jeruk simanalagi dan jeruk Delima berdaging lunak dengan rasa sedikit asam. Namun kalau pandan wangi agak keras dan halus. Golongan jeruk besar ini dapat tumbuh dimana-mana.

4. Golongan jeruk sitrun (citrus medica)
Termasuk golongan jeruk ini adalah jeruk sitrun, jeruk manis, jeruk pecel, dan jeruk sukade. Untuk jenis sitrun, nipis, dan sukade ini pohonya hampir sama bahkan lebih baik kalau tidak disebut pohon melainkan perdu. 

Tumbuhnya tidka dapat tinggi tetapi bercabang lebar. Sedangkan buahnya banyak sekali. Buahnya juga bermacam-macam ada yang besar dan ada pula yang kecil. 

Untuk golongan ini, dapat tumbuh didaerah manapun. Jeruk ini juga banyak ditanam di Indonesia. Di Italia jenis jeruk sukade dikembangkan secara besar-besaran. Sebab memang indrustri sukade paling besar di dunia dan Italia.

Sumber: Cara Praktis Bertanam Jeruk.  Penerbit: Aneka Ilmu


Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.



www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 2:18 PM