;

Translate

Friday, April 10, 2015

Unsur Hara Mikro, Makro, Dan Esensial

Friday, April 10, 2015

Pengertian Unsur hara

Selain air, media tanam juga harus mampu menyediakan pasokan makanan bagi tanaman yang lebih dikenal denagn istilah unsur hara. 

Unsur hara merupakan faktor yang mutlak dibutuhkan oleh tanaman untuk melengkapi daur hidupnya, mulai dari fase vegetative sampai generative. 

Unsur-unsur tersebut menjadi  bagian dari pertumbuhan tanaman yang penting, karenanya disebut sebagai unsur hara esensial.

Setiap tanaman membutuhkan paling sedikit 16 unsur hara agar pertumbuhannya normal. Dari ke-16 unsur hara tersebut, 3 diantaranya berasal dari udara, yakni :

Karbon © 
Oksigen (O)
Hidrogen (H)

Sementara 13 unsur hara lainnya disediakan oleh tanah. Dengan demikian, media tanam setidaknya harus menyediakan 13 unsur hara tersebut.

Berdasarkan tingkat kebutuhannya, ke -13 unsur hara ini dibedakan menjadi 2 golongan, yakni unsur hara makro dan unsure hara mikro. 


Unsur hara makro 
Unsur hara makro adalah unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah relative banyak. 

Nitrogen (N)
fosfor (P)
kalium (K)
kalsium (Ca)
magnesium (Mg) 
belerang (S) merupakan unsur hara makro. 


Unsur hara mikro
Sementara unsur hara mikro adalah unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah relative sedikit. 

Besi (Fe)
mangan (Mo)
kuprum atau tembaga (Cu)
zink atau seng (Zn)
Klor (Cl) meruapakn unsurhara mikro.

Fungsi dari masing-masing unsure hara diatas bagi tanaman berbeda-beda. Ketersediannya di media tanam pun harus tetap terjaga. 

Jumlah unsur hara yang diberikan pada media tanam harus disesuaikan dengan jenis tanaman yang ditanam dan kondisi media tanam itu sendiri. 

Gejala dari defisiensi unsur hara tersebut pun akan berbeda-beda sehingga perlakuan dalam pemberian unsur hara pun harus disesuaikan.


Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 4:28 PM